Sukses

Nyeri Punggung

20 Dec 2013, 19:37 WIB
Wanita, 23 tahun.
halo dokter, saya seorang karyawan yang bekerja minimal 8 jam di depan komputer setiap hari dan akhir-akhir ini bagian punggung atas sebelah kanan (bawah tengkuk) saya terasa nyeri. bagaimana menyembuhkannya? terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter.

Keluhan Anda adalah punggung terasa sakit. Kesalahan posisi memang dapat menyebabkan gangguan otot sehingga menimbulkan keluhan sakit, pegal atau tidak nyaman. Masalah otot ini semakin sering terjadi seiring dengan pertambahan usia dan rendahnya aktivitas fisik. Apakah Anda rutin berolahraga?

Selain itu, usia kasur yang telah lama juga dapat semakin menipis sehingga memang tidak cukup baik lagi untuk menyangga tubuh. Bagaimana dengan kondisi kasur Anda saat ini?

Sementara itu, untuk mengurangi nyeri Anda dapat melakukan beberapa metode yang disingkat dengan PRICE, yaitu :

  • P : Protection (memberikan perlindungan pada bagian nyeri) contoh: memakai pelindung punggung/pinggang
  • R : Rest (mengistirahatkan atau mengurangi aktivitas yang membuat pinggang/punggung nyeri)
  • I : Ice (mengkompres punggung/pinggang dengan es bila terasa nyeri)
  • C : Compression (membalut punggung/pinggang yang terasa nyeri) contoh: memakai elastic bandage
  • E : Elevation (meninggikan daerah yang mengalami nyeri) misalkan dengan memakai alas pada bagian punggung saat duduk, bersandar atau berbaring

Anda dapat mengkonsumsi obat anti nyeri atau menggunakan obat oles anti nyeri yang dijual bebas di pasaran untuk mengurangi rasa nyeri. Anda juga perlu memperhatikan posisi tidur Anda dan juga dapat meningkatkan aktivitas fisik dengan melakukan olahraga secara rutin, 2-3 kali/minggu, 30 menit/kali. Jika keluhan masih terasa mengganggu sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan fisik dan mungkin diperlukan terapi diatermi (pemanasan) dan juga terapi peregangan otot untuk mengatasi nyeri.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AN)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar