Sukses

Makanan Yang Baik Untuk Kehamilan

20 Oct 2014, 07:51 WIB
Wanita, 27 tahun.
Selamat siang Dok... dok apakah usia kandungan 2w blum bs kelihatan klo USG.. sy sdh TP,dan hasilnya 2 garis merah,,apa itu pertanda hamil..?? asupan gizi apa sj yg diperlukan saat usia kandungan baru menginjak 2 minggu..makasih dok.. :)
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti rasa ingin tahu Anda terkait makanan yang sehat untuk kehamilan. Usia dua minggu masih sangat dini untuk ditemukan dengan pemeriksaan USG. Sepertinya Anda perlu pemantauan lanjutan untuk kehamilan ini. Sekarang kami akan menjelaskan tentang berbagai informasi terkait makanan selama kehamilan.

  1. Makan yang banyak selagi hamil karena untuk 2 orang
    Ini merupakan mitos yang menjebak. Ibu hamil memang perlu memperhatikan asupan makanannya, namun tidak boleh berlebihan. Asupan makanan dan berat badan Ibu dan janin tetap harus dikontrol agar bayi tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Peningkatan berat badan ibu hamil dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) normal berkisar antara 12-15 kg, sedangkan bagi mereka dengan IMT lebih atau obesitas disarankan hanya 6-12 kg. Peningkatan berat badan di trimester pertama umumnya antara 1-2,5 kg atau mungkin saja tidak naik berat badan. Pada trimester kedua, berat badan akan meningkat sebanyak 0,5 kg/minggu.
  1. Makan kacang saat hamil akan membuat anak alergi
    Kacang tanah sendiri merupakan sumber protein nabati, lemak dan juga beberapa vitamin dan mineral. Bila dikonsumsi selama kehamilan tidak menyebabkan masalah, asalkan Ibu masih mengkonsumsi makanan lain untuk menyeimbangkan kebutuhan nutrisi. Alergi merupakan kondisi kesehatan yang diturunkan dari informasi genetik orangtua, termasuk alergi kacang tanah. Jika tidak ada riwayat alergi dalam keluarga maka kecil kemungkinan anak untuk memiliki alergi. Namun jika terdapat riwayat alergi dalam keluarga, maka untuk menghindari alergi maka sebaiknya konsumsi makanan yang memicu alergi baru diperkenalkan pada usia tertentu pada saat bayi lahir. Pada masa kehamilan sendiri, konsumsi makanan tertentu tidak mempengaruhi kemungkinan terjadinya alergi pada bayi.
  1. Banyak makan sambal menyebabkan bayi botak
    Lebat tidaknya rambut bayi bergantung dari lebat tidaknya rambut orangtua. Informasi genetik orangtua akan bergabung dan menurun pada anak. Cabai dan rambut bayi tidak berkaitan. Namun, Ibu hamil memang tidak disarankan untuk makan cabai/sambal terlalu banyak karena dapat menyebabkan iritasi saluran cerna dan menyebabkan terjadinya diare.
  1. Makan jeruk sebabkan bayi kuning
    Dua sampai tiga hari lahir jika fungsi hati bayi Anda masih belum sempurna dan produksi bilirubin meningkat, bayi dapat mengalami kuning. Hal ini wajar terjadi. Hal ini tidak disebabkan karena konsumsi jeruk yang berlebihan. Jeruk sebagai sumber serat dan vitamin C justru baik dikonsumsi Ibu hamil karena dapat membantu mengurangi keluhan konstipasi pada trimester ketiga. Ibu perlu waspada jika kuning terjadi dalam 24 jam pertama setelah lahir. Hal ini tidak normal dan memerlukan perhatian medis segera dari dokter.
  1. Makan nanas sebabkan keguguran
    Nanas dianggap dapat menyebabkan keguguran dalam kehamilan. Namun, sama seperti buah jeruk, nanas merupakan sumber serat dan vitamin C yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh Ibu hamil serta membantu memperlancar buang air besar selama kehamilan. Konsumsi nanas selama kehamilan tidak memicu terjadinya keguguran dalam kehamilan.
  1. Minum air susu kedelai membuat kulit bayi menjadi putih, minum minuman gelap membuat kulit bayi hitam
    Warna kulit bayi bergantung dari warna kulit orang tuanya. Hal ini bergantung pada informasi genetik dari kedua orang tua. Minuman yang berwarna putih atau gelap yang dikonsumsi selama kehamilan tidak akan mempengaruhi warna kulit bayi.
  1. Minum es sebabkan bayi besar
    Seperti telah dijelaskan di atas, besar kecilnya bayi sangat bergantung dari asupan makanan Ibu. Minum es tidak secara langsung menyebabkan bayi Anda besar. Namun, jika Ibu sering mengkonsumsi minuman manis berkalori tinggi dengan es yang mengakibatkan kenaikan berat badan berlebihan selama masa kehamilan maka dapat menyebabkan bayi Ibu besar saat lahir.
  1. Minum kopi sebabkan tanda lahir pada bayi
    Tanda lahir berwarna kecokklatan pada bayi seringkali dikaitkan dengan konsumsi kopi saat kehamilan. Hal ini sebenarnya tidak ada hubungannya. Tanda lahir berwarna kecoklatan yang dalam dunia medis sering disebut Cafe Au Lait ini kemunculannya lebih terkait dengan pengaruh genetik ras tertentu.
  1. Minum air kelapa hijau dapat membuat rambut anak menjadi lebat
    Lebat tidaknya rambut bayi bergantung dari lebat tidaknya rambut orang tua. Informasi genetik orang tua akan bergabung dan menurun pada anak. Mengkonsumsi air kelapa sebenarnya baik karena dapat membantu mengatasi kekurangan cairan dan elektrolit yang terjadi ketika ibu mual dan muntah selama trimester pertama. Kandungan elektrolit berupa kalium juga dapat membantu mencegah perut kembung yang dapat menyebabkan mual. Namun, konsumsi air kelapa hijau tidak berhubungan dengan lebat tidaknya rambut anak.
  1. Suka Manis = Anak Perempuan, Suka Asam = Anak Laki-laki
    Jenis kelamin seorang anak biasanya baru dapat mulai diketahui lewat pemeriksaan USG (ultrasonografi) pada usia 20 minggu. Kecenderungan Ibu  yang ngidam makanan manis atau makanan asam tidak menjadi pertanda jenis kelamin anak.

Perhatikan asupan Ibu agar tetap seimbang gizi dan cukup kalori. Ketimbang mengkhawatirkan mitos-mitos tertentu, Ibu sebaiknya memperhatikan makanan-makanan yang wajib dihindari agar Ibu dan bayi sehat mulai dari kehamilan hingga persalinan.

Semoga informasi ini membantu. (AN)

Salam

Tim redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar