Sukses

Nyeri Testis

19 Dec 2013, 17:12 WIB
Pria, 26 tahun.
dokter Sp.KK yang saya hormati,, mau bertanya, ahir-ahir ini saya suka mengalami sakit testis (seperti di tusuk-tusuk jarum) pada testis yang kanan, dan anehnya lagi sakit itu sampai ke ujung kaki kanan saya. apakah dokter bisa menjelaskan penyebab dan penyembuhannya? dan sebenarnya penyakit apakah itu? oia beberapa bulan terahir sebelum sakit itu datang, saya pernah mengalami kencing nanah/GO (sepertinya), tapi ga sampai 2 bulan sembuh lagi. setelah injek kanamicyn dan oral cevrofloxacin,, setelah sembuh, barulah sakit testis datang dengan frekuensi ga lebih dari 2 x 1 bulan,, mohon penjelasannya dok,, laki-laki 26 tahun..

Terimakasih atas pertanyaan Anda

Nyeri pada testis (Orchialgia) dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya riwayat trauma, infeksi, operasi, torsio testis (perputaran saluran sperma), hernia. Trauma/cedera pada testis biasanya menimbulkan nyeri sesaat, namun tergantung pada tipe dan beratnya trauma. Torsio testis biasanya menimbulkan nyeri hebat yang mendadak disertai kemerahan dan bengkak pada skrotum. Torsio testis merupakan kondisi emergensi dan biasanya membutuhkan intervensi bedah. 

Infeksi yang umum terjadi pada adalah epididimitis, infeksi pada lapisan epididimis testis. Sebagian besar disebabkan oleh infeksi menular seksual, termasuk klamidia dan gonorea (GO). Gejala berupa nyeri yang bersifat gradual, dengan kemerahan dan pembengkakan di daerah skrotum. Gejala lain yang berhubungan dengan epididimitis termasuk mual, muntah, demam, nyeri buang air kecil, dan nyeri saat berhubungan seksual. Terapi utamanya adalah pemberian antibiotik. Epididimitis dapat menyebabkan orchitis (peradangan pada testis) jika tidak diobati dan dapat menimbulkan nyeri hebat.

Selain itu perhatikan juga apakah terdapat benjolan pada testis Anda. Hernia inguinalis terjadi ketika usus masuk ke dalam skrotum melalu bagian otot perut yang lemah. Gejala berupa nyeri di selangkangan yang dapat menjalar sampai paha, benjolan di selangkangan dan skrotum yang memberat jika mengangkat beban berat. 

Walaupun sudah pernah terkena gonore, seseorang dapat terkena kembali, karena tidak akan terbentuk imunitas untuk gonore. Untuk mencegah terjadinya gonore, gunakan kondom saat berhubungan seksual. Kami sarankan untuk memeriksakan masalah anda ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin atau Urologi. 

Semoga informasi ini membantu dan suami Anda lekas sembuh ya. (DK)

Salam

Tim redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar