Sukses

Sumbatan Hidung

20 Oct 2014, 08:14 WIB
Wanita, 22 tahun.
Sore dokter, saya mau tny,suami saya klo bernafas cm bs menggunakan slh 1 lobang hidungnya..ktnya tiap kali pasti mampet dan seingt dia itu sdh lama sekali di alaminya.mgkn dr kecil,kdg bs tdk mampet,tp pas saat tidak mampet itu malah untuk bernafas sakit sprti nyeri katanya. dan sdh pernah di periksa sinus d slh 1 dokter dan beliau blg tdk ad mslh..sedangkan saya tkt kalau sbnrnya itu berbahaya. Apakah itu berbahaya dok?krn mmg kita kan bernafas menggunakan kedua lubang hidung kita,sedangkan suami saya hny slh 1 nya bs kanan dan kiri.. trima kash.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan atas keluhan suami Anda. Keluhan sumbatan hidung dapat disebabkan oleh berbagai hal, bisa dikarenakan karena infeksi hidung sehingga hidung mengeluarkan cairan yang banyak atau secara awam dikenal dengan ingus. Reaksi alergi juga bisa menyebabkan sumbatan hidung, hal ini disebut rhinitis alergi. Rhinitis alergi adalah penyakit peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi pada pasien-pasien yang memiliki atopi, yang sebelumnya sudah tersensitisasi atau terpapar dengan allergen (zat/materi yang menyebabkan timbulnya alergi) yang sama serta meliputi mekanisme pelepasan mediator kimia ketika terjadi paparan ulangan dengan allergen yang serup.

Selain itu keluhan sumbatan hidung sebelah bisa disebabkan oleh gangguan mukosa hidung seperti polip. Polip seperti balon kecil yang tumbuh dari kulit dalam rongga hidung dan menyumbat rongga hidung. Gangguan tulang pembatas / septum hidung yang disebut deviasi septum, juga dapat menyebabkan sumbatan, dimana terjadi pembengkokan tulang hidung sehingga hidung jadi tersumbat.

Mendengar cerita Anda yang mengatakan bahwa suami Anda merasakan keluhan ini sudah sejak kecil, kemungkinan sumbatan ini berhubungan dengan reaksi alerg atau kelainan anatomi rongga hidung seperti pembengkokan tulang. Namun untuk memastikan apakah keluhan suami Anda merupakan akiba infeksi, alergi, polip atau deviasi septum/tulang bengkok, diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter THT untuk melihat keadaan bagian dalam rongga hidung Anda.

Semoga informasi ini membantu dan suami Anda lekas sembuh ya. (AN)

Salam

Tim redaksi Klikdokter

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar