Sukses

Amenore Sekunder

19 Dec 2013, 16:41 WIB
Wanita, 20 tahun.
tanya 1. kemarin saya ke rumah sakit dok, mengenai gejala amenore sekunder ternyata tidak ada sama sekali. dokter yang saya temui mengatakan bahwa ketidaklancaran saya dalam menstruasi hanya di karenakan hormon yang kurang stabil. tapi dia menyebutkan kalo hal itu jangan terjadi di atas umur 20 Th, pertanyaan saya kenapa ? dan obat yang dokter itu berikan tablet norelut (norethisterone)itu manfaatnya apa buat saya? tanya 2. dok kenapa saya di suruh kembali lagi setelah oleh dokter Kandungan di kasih obat norelut (norethisterone)? apalagi yang harus di periksa dok. tanya 3. dok, setelah saya kembali lagi ke rumah sakit dokter yang menangani men-USG saya kembali yg waktu itu saya mengalami masa mens ke 4, lalu oleh dokter di beri obat kayak semacam pil KB gitu dok. yg saya ingat nama belakangnya C-progynova. yang saya ingin tanyakan, 1. mengapa di USG lagi setelah sebelumnya sudah di lakukan dan terbukti gangguan hormonal ? 2. manfaat obat yang saya minum apa ya dok, apa ada efeknya, apalagi saya belum menikah, saya takut dok, belum menikah sudah di anjurkan minum pil yg rupanya mirip pil KB. terimakasih. untuk tanya 3 mohon di jawb dok. saya sangat khawatir. kemaren saya tnyakan tnya 3 ini katanya kurang spesifik jd saya copypaskan yg kemaren2 saya tnyakan.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Pertama izinkan saya menjelaskan tentang amenore sekunder. Amenore sekunder adalah kelainan menstruasi dimana Anda tidak mens setelah ada riwayat mens sebelumnya. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Siklus haid tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain

  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • Stres psikologis
  • Atlit
  • Kekurangan vitamin K
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kelainan pembekuan darah
  • Gangguan hormon tiroid
  • Dsb

USG abdomen merupakan pemeriksaan yang sangat erat kaitannya dengan kelainan hginekologis. Pemeriksaan USG dapat mendeteksi dan memantau berbagai kelainan organ rahim dan menstruasi seperti salah satunya  endometriosis. Bisa jadi pemeriksaan USG yang dilakukan oleh dokter Anda untuk menunjang diagnosis, mencari kelainan yang mungkin ditemui atau memantau keadaan rahim Anda.

Orang awam secara umum takut minum pil KB dengan alasan bahwa mereka belum menikah dan takut bahwa kandungan mereka akan 'kering'. Padahal kegunaan pil KB adalah untuk menghentikan ovulasi atau bahkan membuat mens menjadi teratur.Efek dari obat ini juga akan berhenti jika obat ini tidak dikonsumsi lagi. Jadi Anda tidak perlu mengkhawatirkan kembalinya kesuburan dengan penggunaan kontrasepsi, karena seharusnya sistem reproduksi Anda kembali normal setelah pil ini distop konsumsinya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Terima kasih (AN)

Salam

Tim redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar