Sukses

Asam Urat dan Reumatik

18 Oct 2014, 16:20 WIB
Wanita, 39 tahun.
Selamat sore dok, Beberapa waktu yang lalu tangan saya selalu merasa kesemutan apabila dipakai untuk menggenggam dalam waktu yang lama, namun bila saya buka kesemutannya hilang. Namun saat ini sudah tidak kesemutan lagi, tetapi jari jempol menjadi kaku dan sulit diteguk, terutama ruas pertama dibawah kuku, kalau saya paksa untuk ditekuk terasa nyeri dan tidak elastis seperti ada bunyi klek disendi tersebut.. Saya sudah fisioterapi sebanyak 5x namun belum ada perubahan. Di telapak tangan terutama jari jempol bagian bawah (ruas kedua) terasa agak bengkak dan sakit bila ditekan.. Saya sudah mencoba minum glukosamin dan viostin DS dan untuk obat luar saya oleskan voltaren namun tidak ada perubahan.. Yang saya tanyakan apakah itu gejala asam urat atau rematik ya Dok, dan bila akan ke dokter, sebaiknya ke dokter saraf atau orthopedi ya Dok... Terima kasih atas jawabannya..

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Gejala awal dari artritis gout (asam urat) adalah panas, kemerahan dan pembengkakan pada  sendi yang tipikal dan tiba-tiba karena kadar asm urat yang tinggi. Persendian yang sering terkena adalah persendian kecil pada basis dari ibu jari kaki. Beberapa sendi lain yang dapat terkena ialah pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku.

Pada serangan akut penderita gout dapat menimbulkan gejala demam dan nyeri hebat yang biasanya bertahan berjam-jam sampai seharian, dengan atau tanpa pengobatan. Seiring berjalannya waktu serangan artritis gout akan timbul lebih sering dan lebih lama.

Penyebab kaku dari sendi dapat bermacam-macam namun penyebab paling sering adalah Rheumatoid Arthritis (Rematik)Artritis Reumatoid (AR) salah satu dari beberapa penyakit rematik adalah suatu penyakit otoimun sistemik yang menyebabkan peradangan pada sendi.

Dengan berjalannya waktu, dapat terjadi erosi tulang, destruksi (kehancuran) rawan sendi dan kerusakan total sendi.  Keluhannya terutama berupa kaku pada pagi hari yang dapat bertahan sampai 30 menit dan kemudian menghilang, bengkak, nyeri bila ditekan, kulit kemerahan, demam. Penyakit ini paling sering menyerang sendi-sendi kecil.

Untuk menambah wawasan bersama, berikut kami rekomendasikan beberapa artikel yang pernah ditulis oleh Tim Redaksi Medis Klikdokter.com seputar asam urat dan reumatik:  

Kami menganjurkan agar Anda konsultasi juga ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam, oleh karena untuk mendiagnosa pasti keluhan Anda diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang (kadar asam urat, rheumatoid factor, laju endap darah, dll).

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat.(DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar