Sukses

Haid Terlambat

19 Dec 2013, 12:55 WIB
Wanita, 32 tahun.
siang,yg ingin sy tanyakan apakah konsumsi prenatal,folaxin n ever e bisa menyebabkan haid terlambat? pada bulan lalu sy konsumsi ever e sj haid sy jadi normal yg biasa siklus 45 hri berubah jd 30 hr,tgl 16 kmrn seharusnya sy haid tp tak kunjung haid setelah konsumsi obat tsb,apakah sy kemungkinan hamil dok,sy sngt mengharapkannya.mksh dok

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Asam folat dan vitamin-e secara umum aman dikonsumsi jika tidak melebihi dosis yang dianjurkan. Dosis yang direkomendasikan adalah 400 mcg/hari untuk asam folat dan 60-75 IU/hari untuk vitamin E. Efek samping dari kelebihan asam folat dan vitamin E kurang lebih sama, diantaranya nyeri perut, diare, gangguan tidur, gelisah, mual, pusing, kelainan kulit. Pada dasarnya kedua obat tersebut tidak menyebabkan gangguan menstruasi.

Untuk memahami lebih dalam mengenai haid yang tidak teratur, anda dapat membaca artikel berikut ini:

Haid tidak teratur

Tanda kehamilan awalnya ditandai dengan telatnya periode menstruasi dan diikuti dengan tanda-tanda lainnya seperti pembesaran dan nyeri pada payudara, sering berkemih. Namun tanda pasti kehamilan ditunjang dengan pemeriksaan laboratorium untuk melihat peningkatan hormon hCG (atau test pack) dan melalui USG untuk melihat jabang bayi. Tes pack lebih baik dilakukan pada pagi hari saat bangun tidur, dan memiliki sensitivitas yang tinggi. Tes ini dapat mendeteksi kehamilan meskipun terlambat haid 1 hari. 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar