Sukses

Mual dan Migraine

20 Oct 2014, 06:23 WIB
Wanita, 20 tahun.
pagi dok, saya mau tanya. 1. kenapa ya dok setiap pagi dan setiap habis makan saya merasa mual? itu gejala apa ya dok? 2. kenapa ya dok suami saya kalau pagi sering pusing pada kepala bagian kiri ? terimakasih

Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kemungkinan besar memang keluhan Anda disebabkan karena ada masalah di lambung. Maag (Dyspepsia,Gastritis) merupakan suatu penyakit dimana terjadi peningkatan dari produksi asam lambung. Dimana bila keadaan ini terus terjadi dapat muncul gastritis yaitu peradangan lapisan lambung. Sering disebut dyspepsia yaitu kumpulan gejala yang berkaitan dengan peningkatan produksi asam lambung ini seperti mual, muntah, kembung, terasa penuh.

Bila memang keluhan Anda berupa berasa tertusuk-tusuk mungkin anda terkena gastritis yaitu peradangan lapisan dinding lambung. Maag dapat disebabkan oleh banyak hal seperti stres, sering telat makan, merokok, alkohol, makanan asam/pedas. 

Beberapa obat-obatan anti nyeri seperti aspirin, ibuprofen, natrium diklofenak dapat pula menimbulkan gejala ini. Untuk pengobatan ada beberapa tindakan yang dapat anda lakukan seperti hindari makanan pedas, banyak gas seperti soda, sawi dan kol. Jangan telat makan usahakan makan tepat waktu setiap saat. Jika keluhan belum berkurang, Anda dapat konsumsi obat-obatan seperti antasida, ranitidine, atau omeprazole.   

Untuk keluhan yang dirasakan suami Anda, kemungkinan penyebabnya adalah Migraine. 60% penderita migrain akan merasakan sakit kepala sebelah dan berdenyut. Disamping sakit kepala, biasanya penderita migrain juga dapat mengalami gangguan penglihatan (seperti sakit saat melihat cahaya) atau gangguan fungsi sensoris lainnya (seperti baal atau kesemutan pada kaki) beberapa saat sebelum mengalami sakit kepala, yang dikenal dengan istilah aura. Namun, tidak semua penderita migrain mengalami aura sebelum sakit kepala muncul, hanya sekitar 35% migrain yang disertai dengan aura.

Penderita migrain biasanya akan mengalami sakit kepala selama 4-72 jam. Sakit kepala ini dapat mengganggu aktifitas sehari-hari, dan dapat hilang timbul. Timbulnya migrain dapat terjadi akibat kombinasi dari beberapa faktor, seperti stres, kebisingan, kelelahan, PMS (sindrom pra-menstruasi), lapar atau makanan tertentu. Coba untuk memperhatikan makanan Anda. Beberapa makanan yang diidentifikasi menjadi pencetus migraine adalah :

  1. Makanan yang banyak mengandung Thyramine (keju,red wine)

  2. Makanan yang mengandung Monosodium Glutamate (MSG) seperti makanan China dan Meksiko

  3. Makanan yang mengandung Nitrat (bologna, salami, smoked meat)

  4. Makanan yang difermentasi

  5. Alkohol (red wine)

  6. Caffeinated (softdrink, teh, kopi)

Anda tidak perlu terlalu khawatir mengenai sakit kepala yang anda rasakan selama sakit kepala tersebut tidak diikuti oleh keluhan-keluhan lain seperti mual, muntah, sakit berdenyut pada mata, gangguan penglihatan dan sakit kepala hebat. Nyeri kepala dapat diatasi dengan obat penghilang rasa sakit dan beristirahat. Apabila keluhan Anda masih tidak berkurang, segera hubungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)
Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar