Sukses

Pasta Gigi dan Obat Kumur

20 Oct 2014, 10:45 WIB
Wanita, 16 tahun.
terima kasih dok ats jwban.a dok, sy mau tnya lebih bagus yg mna pasta gigi daun sirih atau pepsodent? dok, mulut saya bau, pdhal sy rajin skat gigi kra" apa pnyebab.a dok? sy jga berkumur pkai mouthwash merek listerin tpi mulut sy mnjdi kering. dok, mouthwash yg lbh bgus untuk mncegah bau mulut merek daun sirih, oral-B, atau listerin ?? Terima Kasih dok ..
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Saudari.

 

Kami akan menjawab pertaanyaan Saudari satu persatu, namum sebelumnya perlu kami sampaikan bahwa dalam rubrik ini kami tidak diperkenankan untuk merekomendasikan suatu merk tertentu.

Penggunaan pasta gigi bergantung dari kebutuhan dari tiap-tiap orang, contohnya seperti untuk orang yang mempunyai keluhan gigi sensitif maka sebaiknya menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif. Namum apabila tidak ada keluhan khusus maka dapat menggunakan pasta gigi biasa yang mengandung flouride.

Penyebab timbulnya bau mulut atau halitosis disebabkan oleh beberapa faktor baik yang berasal dari dalam tubuh (intrinsik) maupun yang berasal dari luar tubuh (ekstrinsik), yaitu:

  • Kebersihan mulut yang buruk, sehingga jumlah bakteri sangat banyak dalam mulut dan di permukaan lidah. Tanpa pembersihan mulut yang baik, sisa makanan akan tertinggal dalam mulut dan menjadi lingkungan yang cocok untuk bakteri berkembang biak yang akan menyebabkan bau pada mulut. Selain itu, sisa makanan yang menempel pada gigi, gusi, dan lidah akan menyebabkan gingivitis (radang gusi) dan gigi berlubang, sehingga akan meningkatkan bau mulut dan rasa yang tidak enak di dalam mulut.
  • Pembersihan gigi tiruan yang kurang baik .
  • Gigi tiruan yang tidak dibersihkan dengan baik menyebabkan penumpukan sisa makanan dan bakteri pada permukaan gigi tiruan sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.

  • Penyakit gusi atau jaringan periodontal (jaringan penyangga gigi).
  • Penyakit sistemik. Bau mulut dapat merupakan salah satu gejala dari penyakit tertentu, misalnya infeksi saluran pernapasan, gangguan pencernaan, diabetes, atau kelainan pada hati.
  • Xerostomia (mulut kering).
  • Pemakaian beberapa obat-obatan tertentu dapat menyebabkan mulut menjadi kering, terutama obat-obatan untuk mengatasi depresi dan tekanan darah tinggi. Xerostomia juga dapat disebabkan oleh kelainan pada kelenjar ludah sehingga produksi ludah menurun. Selain itu, kebiasaan bernapas lewat mulut juga dapat menyebabkan mulut cenderung menjadi lebih kering.
  • kebiasan merokok.
  • konsumsi makanan tertentu.

Beberapa tips yang dapat Saudari lakukan untuk menghilangkan bau mulut selain dengan menghindari penyebabnya adalah sebagai berikut:

-  Jagalah kebersihan mulut dan gigi dengan menyikat gigi 2 kali sehari dan menggunakan obat kumur bila perlu.

- Perbanyak konsumsi air putih.

- Berkunjunglah ke dokter gigi, minimal 6 bulan sekali.

Efek obat kumur terhadap bau mulut hanya sementara. Sebaiknya ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan dan jangan berlebihan. Obat kumur digunakan sebagai pelengkap dalam upaya membersihkan gigi dan mulut secara optimal, namun bila digunakan secara berlebihan malah berpotensi untuk mengganggu flora normal dalam mulut. Sebaiknya gunakan setelah menyikat gigi, dan untuk hasil yang lebih baik setelah itu gunakan benang gigi atau dental floss untuk membersihkan sela-sela gigi yang sulit dibersihkan secara optimal oleh sikat gigi.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar