Sukses

Mengatasi Maag

17 Dec 2013, 17:00 WIB
Wanita, 18 tahun.
Sore Dokter, saya ingin menanyakan seputar masalah kesehatan saya dok,, begini dok, 4 hari yang lalu saya buka puasa (kamis) dengan teralu banyak sambal, keesokan harinya (Jumat) saya diare tapi tidak terlalu parah, lalu saya makan dan minum obat tapi perut saya malah terasa sakit sekali, (terkadang sakit sekali, terkadang tidak), lalu saya coba makan untuk mengisi perut saya yang kosong, malah tambah sakit ,, saya disarankan untuk minum promagh oleh teman saya, setelah minum perut terasa lebih enakan. Pertanyaan saya apakah itu termasuk gejala magh dok ? lalu hari Sabtu badan saya terasa lemas sekali ketika bangun tidur atau bangun setelah duduk pasty kepala saya berputar dan terasa gelap (seperty ingin jatuh), nafsu makan juga berkurang. Apakah itu juga termasuk darah rendah dok ? sampai hari senin ketika saya ingin makan perut terasa penuh dan ingin muntah jika saya makan dok,badan saya juga jadi mudah lelah.. Sebenarnya saya ini sakit apa ya dok? mohon penjelasannya ya dok.. Trimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Saya mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan.

Memang sepertinya keluhan Anda merupakan kumpulan keluhan penyakit maag.  Untuk pusing yang berputar bisa disebabkan oleh vertigo dimana berhubungan dengan peningkatan asam lambung ataupun darah rendah. Kami menyarankan agar Anda melakukan pemeriksaan tekanan darah juga. Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah : 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 
  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 
  4. Jangan terlambat makan 
  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 
  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu. 
     

Anda juga dapat membaca artikel kami berjudul :

6 Makanan Perparah Maag

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

Anda juga dapat mengkonsumsi obat-obatan anti-mual serta obat maag. Seperti golongan H2 blokcer (contohnya adalah ranitidine), PPI (contohnya adalah omeprazole, atau pantoprazole) namun kami sarankan agar anda periksa dahulu ke Dokter untuk menyingkirkan penyakit lain serta sepertinya Anda memerlukan pengobatan modfikasi. 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar