Sukses

Berat Badan Ideal

18 Dec 2013, 15:14 WIB
Wanita, 27 tahun.
salam dokter.. dok mau tanya untuk golongan darah B dalam program diet sebaiknya jus buah apa yang harus diminumdan makananan apa yg harus dikonsumsi serta dihindari?? termikasih doketer.. :)
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Berdasarkan data yang Anda berikan, berat badan Anda masuk ke dalam kategori Indeks Massa Tubuh (IMT) dalam golongan overweight ( 25,34). Jadi yang Anda butuhkan adalah diet yang ideal, dan tidak perlu tergantung dari golongan darah. 

Diet golongan darah diperkenalkan pertama kali oleh Dr. Peter J. D’Adamo. sekitar tahun 1996 di Amerika yang menekankan bahwa diet ini dilakukan berdasarkan golongan darah manusia. Kesimpulan mengenai diet golongan darah ini berdasarkan penelitian-penelitian yang sudah dilakukannya.

 

Penelitian selama bertahun-tahun atas tipe darah menunjukkan bahwa ada efek fisiologis yang muncul akibat lektin yang masuk dalam tubuh. Lektin adalah protein yang terdapat pada umumnya makanan, khususnya biji-bijian dari tanaman polong-polongan.

 

 

 

 

Namun sayangnya teori dan berbagai penelitian yang dilakukan oleh Dr. Peter J. D’Adamo, tidak sesuai kaidah ilmu kedokteran dan tidak termasuk penelitian yang memenuhi kelayakan ilmiah. Sampai saat ini, belum dijumpai hasil penelitian golongan darah dalam publikasi penelitian ilmiah yang diakui dunia medis internasional. Penelitian yang diterima secara ilmiah harus memenuhi berbagai kelayakan penelitian, seperti uji klinis kasus control (double blind study), metodologi penelitian dan sebagainya.

Berdasarkan hal itu maka terapi diet golongan darah adalah salah satu terapi alternatif, meskipun penemunya adalah dokter. Memang harus diakui bahwa mungkin saja terdapat terapi alternatif yang bermanfaat. Sebaliknya masyarakat harus hati-hati, karena jumlah ketidakberhasilan, efek samping dan dampak bahaya terhadap kesehatan belum diketahui secara pasti.

Sikap logis yang bisa dilakukan adalah bagi penganut diet golongan darah bila berhasil boleh saja mengkonsumsi makanan tertentu atau menghindari makanan tertentu. Tetapi harus diingat bahwa belum tentu makanan yang dihindari tersebut mengganggunya. Bila makanan tersebut tidak mengganggu alangkah malangnya nasibnya, karena harus menghindari makan enak dan bergizi yang belum tentu mengganggu tubuhnya. 

Tetapi bila ada pengalaman dengan makanan tertentu yang berulang dengan gangguan yang sama sebaiknya dihindari (misal: mengakibatkan alergi). Bila menghindari makanan tertentu harus dicari makanan penggantinya dengan sumber gizi yang sama agar tidak kekurangan gizi, misalnya ikan laut sebagai sumber protein diganti dengan gurame yang juga sumber protein, dan seterusnya. 

Untuk mencapai berat badan ideal, Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang. Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti sit up, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada bentuk tubuh Anda.Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi. Karena terdapat keterbatasan waktu anda, maka anda dapat lakukan olahraga pada waktu pagi hari atau malam hari anda pulang sekolah.

Untuk diet, yang harus anda lakukan adalah mengurangi jumlah kalori dalam sehari. Tetap usahakan setiap kali anda makan ada unsur kabohidrat (roti gandum, kentang), hindari makanan gorengan, minuman dan makanan yang terlalu manis, garam, konsumsi banyak air putih, perbanyak lauk dengan ikan, perbanyak sayur dan buah, hindari makanan dari kaleng atau fast food (sosis, kentang goreng, nugget), hindari jajanan manis (bila lapar, dapat pilih snack berupa buah atau sayur yang manis). Coba lah agar makan pagi anda selalu disertai oleh buah yang manis, jadi anda dapat menahan lapar hingga siang. Untuk malam hari hindari makanan yang terlalu besar porsinya. 

Bagaimana mengenai pola diet anda, anda dapat konsultasi ke dokter spesialis gizi agar lebih dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh anda. 

Berikut judul artikel yang dapat Anda baca untuk menambah informasi mengenai berat badan ideal dan jenis makanan sehat yang dapat Anda coba masukkan dalam menu sehari-hari:

Perlukah Menurunkan Berat Badan?

10 Makanan Turunkan Berat Badan

Snack Malam Tingkatkan Berat Badan

Nyemil Saat Malam Hari Membuat Gemuk?

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

 

 

 

Salam, 

 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar