Sukses

Apakah Angin Duduk?

17 Dec 2013, 10:45 WIB
Pria, 20 tahun.
Dok, saat saya makan dan perut mulai terisi tetapi blm kenyang, saya langsung merasakan rasa sakit nyeri seperti ditekan dibagian punggung dan bahu sebelah kiri dan kadang agak ke leher. kadang juga di bagian perut samping kiri rusuk pinggang. rasa sakit itu terjadi ketika saya menghirup nafas. dan berkelanjutan hingga saya selesai makan. kenapa yah dok ? apakah ada hubungannya dgn angin duduk ?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Untuk usia Anda yaitu 20 tahun, memang resiko untuk terjadinya serangan jantung (angin duduk) sangat sedikit. Perasaan yang Anda rasakan seperti ada perasaan tidak enak di dada, punggung, hingga menyebar ke perut dan tulang rusuk bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti : 

 

  • Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.
  • Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.
  • Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberian obat lambung atau maag. 
  • Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung misalnya jantung berdebar debar, keringat dingin, disertai nyeri yang menjalar ke lengan.
  • Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan.

Kemungkinan besar perasaan yang Anda rasakan disebabkan oleh gejala maag. Pada orang yang menderita sakit maag, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, merokok dan hal-hal lain yang dapat  merangsang asam lambung. 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 
  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 
  4. Jangan terlambat makan 
  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 
  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu. 

Anda juga dapat membaca artikel kami berjudul :

6 Makanan Perparah Maag

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

Usahakanlah untuk selalu makan tepat pada waktunya, ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan sedikit-sedikit tapi sering. Jika ingin mengkonsumsi buah-buahan yang agak asam, sebaiknya dikonsumsi setelah makan makanan padat. Dengan demikian sakit maag dapat dikontrol. Bila keluhan ini berlanjut Anda dapat menemui Dokter Specialis Penyakit Dalam agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut serta pemberian obat. 

Demikian informasi yang disampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar