Sukses

Bunyi Klik pada Saat Membuka dan Menutup Mulut

20 Oct 2014, 10:53 WIB
Pria, 31 tahun.
kpd Drg yth, terima kasih utk kesempatan yg diberikan, sy punya permasalahn pada rahang saya, terkadang saya suka sulit membuka mulut (seperti ada yg nyangkut), dan kadang2 juga suka sulit menutup mulut kalau membuka terlalu lebar (krn menguap atau makan), ketika hal itu terjadi yg saya rasakan sendi rahang saya yg sebelah kiri seperti bergeser dan nyangkut. Dan sehari hari juga saya merasakan seperti ada suara"klik" di sendi rahang sebelah kiri kalau saya buka (tdk lebar) dn tutup mulut saya, sedangkan yg sebelah kanan sy tdk merasa ada kelainan. pertanyaan saya apakah ada terapi baik obat ataupun fisiotherapi atau therapi lainnya utk menghilangkan keluhan saya ini. terima kasih atas jawaban yg diberikan.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Saudara.

 

Berdasarkan pemaparan Saudara, keadaan tersebut dapat diarahkan ppada gangguan sendi rahang. Gangguan sendi rahang atau TMJ disorder  (TMD) mempunyai  gejala yang khas yaitu kesulitan dalam membuka menutup mulut, dan gejala- gejala khas lainnya yang timbul pada gangguan ini meliputi gerak rahang yang terbatas, gerakan buka tutup mulut yang tidak sesuai jalur atau ada deviasi, Sakit pada daerah wajah, sakit  pada leher, sakit pada sekitar sendi rahang, bunyi seperti bunyi klik yang dapat disertai atau tidak disertai sakit pada saat membuka dan menutup mulut, rasa sakit atau tidak nyaman pada saat mengunyah makanan, kekakuan pada rahang, perubahan posisi gigitan gigi atas terhadap gigi bawah,dan  ada pula  gejala lain yang tidak spesifik seperti sakit pada telinga, kepala dan punggung.

Saudara bisa mendapatkan informasi lebih mengenai fisioterapi pada keadaan ini diartikel kami Oral Fisioterapi Bagi Pasien Kelainan Sendi Rahang.

Kami menyarankan agar sebaiknya Saudara berkonsultasi ke dokter gigi mengenai keadaan ini.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar