Sukses

Melahirkan dan Mioma

19 Oct 2014, 09:49 WIB
Wanita, 31 tahun.
salam kenal dokter.. saya 8bln yang lalu baru operasi miom,kadang perut ini masih nyeri,,,tapi saya kepingin program anak dokter...sebab usia saya yg tidak muda lagi( 31th)...apakah saya sudah boleh program anak dokter..mohon penjelasan nya..dokter...trimakasih sebelum nya...
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan.

Pertama, izinkan kami menjelaskan tentang mioma. Mioma uteri atau juga dikenal dengan leiomioma uteri atau fibroid adalah tumor jinak rahim yang paling sering didapatkan pada wanita. Leiomioma berasal dari sel otot polos rahim dan pada beberapa kasus berasal dari otot polos pembuluh darah rahim.

Mioma tersebut muncul pada 20% wanita usia reproduksi (usia subur) dan biasanya ditemukan secara tidak sengaja pada pemeriksaaan rutin.  Leiomioma yang tidak bergejala  terjadi sebanyak 40-50% pada wanita usia > 35 tahun. Pada umumnya unilateral (satu) atau kadang-kadang multipel (> 1).  Mioma bervariasi di dalam ukuran dan jumlah. Mioma sendiri juga dikatakan sebagai penyebab infertilitas (gangguan kesuburan) sebesar 27% pada wanita. Keguguran atau komplikasi dapat terjadi pada wanita dengan mioma dan salah satu penyebab histerektomi (operasi pengambilan rahim) terbesar. Leiomioma uteri dapat berlokasi di dinding rahim, menonjol melalui rongga endometrium atau permukaan rahim, dan dikenal sebagai subserosa, intramukosa, dan submukosa.

Apabila Anda sudah selesai menajlani operasi mioma, tentu Anda boleh melakukan program memiliki anak. Namun tentu harus dipastikan bahwa kondisi Anda sehat dan optimal untuk melahirkan. Kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter Kandungan untuk keluhan ini.

Semoga informasi ini membantu. (AN)

Salam

Tim redaksi Klikdokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar