Sukses

Bronchitis

16 Dec 2013, 14:49 WIB
Wanita, 30 tahun.
Dok, sy mau Tanya : 1). Apa sebetulnya bronkhitis itu ? 2). Bagaimana bs sampai terjadi bronkhitis ? 3). Seberapa bahayakah bronkhitis ? 4). Apa masih bs disembuhkan ? 5). Bronkhitis bs menyerang usia brp ? 6). Menularkah ? 7). Apa utk terkena bronkhitis hanya jika disekitar terdapat penderita bronkhitis ? Atau bisakah walaupun disekitar Tdk ada yg menderita, tp tiba? saja kita terkena bronkhitis ? 8). Jika penderita sudah sembuh, apa bs dikatakan bahwa itu berarti paru?nya pun sudah sehat seperti sebelumnya ? Atau bs dikatakan, walaupun sudah sembuh, tetap saja berarti paru?nya sudah rusak alias tdk 100% lg kesehatan paru?nya ? Mks atas jawabannya dok
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

1). Bronchitis merupakan suatu bentuk peradangan pada bronkus (saluran pernafasan). 

2). Bronchitis dapat disebabkan oleh infeksi (bakteri atau virus), merokok, inhalasi dari polusi atau bahan kimia lain, ataupun debu. 

3). Biasanya bila diobati dengan tepat maka dapat sembuh. Namun bila pengobatan tidak tuntas maka dapat berulang menjadi bronkitis kronik dan menyebabkan sesak nafas. 

4). Bila disebabkan oleh bakteri atau virus tentu dapat disembuhkan, bila disebabkan oleh merokok maka rokok harus dihindari. Kemungkinan besar memang bronhitis dapat disembuhkan. 

5). Bronchitis bisa menyerang usia berapa saja namun pada anak-anak balita dan bayi infeksi bakteri dan virus bisa menyebabkan infeksi di saluran pernafasan bagian lain. 

6). Tentu bila bronchitis disebabkan oleh infeksi virus ataupun bakteri tentu dapat menular.

7.) Seperti kami sebutkan diatas bila disebabkan oeh bakteri dan virus maka mudah tertular. Namun bila disebabkan oleh hal-hal diluar infeksi maka tidak perlu ada kontak pun dapat muncul bronchitis (misalnya merokok, atau polusi). 

8.) Bronkus itu merupakan saluran diatas paru-paru jadi jarang sekali menginfeksi paru-paru juga namun bila pengobatan tidak tuntas memang dapat terjadi perubahan bentuk dari saluran bronkus itu. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar