Sukses

Bersin - Bersin

20 Oct 2014, 06:02 WIB
Pria, 16 tahun.
beberapa bulan ini saya mengalami bersin-bersin secara terus-menerus tanpa henti, setelah bersinnya hilang, saya kehilangan daya penciuman. kalau boleh tahu, gejela penyakit apa itu, dok?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Jika Anda sering bersin bisa jadi itu merupakan salah satu gejala alergi. Dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah rhinitis alergi. Penyakit ini diakibatkan karena proses alergi, misal oleh debu di kamar anda. Rhinitis alergi memiliki gejala seperti hidung gatal, bersin-bersin, hidung meler dan tersumbat atau pilek.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena penyakit ini dapat dicegah. Pertama Anda harus menghindari pencetus, jaga kebersihan kamar anda, cuci seprai rutin dan coba cari pencetus alergi Anda. Selain itu, anda bisa berkonsultasi ke dokter  THT untuk mendapatkan pengobatan untuk menekan hidung meler anda!

Daya tahan tubuh tentu dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah asupan makanan, olah raga dan istirahat. Coba Anda mulai benahi ketiga hal tersebut agar anda makan yang cukup dan bergizi dan istirahat yang cukup.

Berkurangnya kemampuan untuk mencium dan mendeteksi bau disebut juga hiposmia. Beberapa penyebab yang mungkin berhubungan adalah alergi infeksi virus, massa dalam rongga hidung (polip hidung), serta kerusakan pada saraf. Terutama bila Anda memliki kecenderungan alergi maka memang dapat memicu gangguan penciuman. 

Alergi juga dapat menyebabkan terbentuknya massa dalam rongga hidung yang disebut dengan polip hidung. Adanya polip hidung menyebabkan terjadinya sumbatan pada rongga hidung. Keadaan ini kemudian dapat mengganggu indera penciuman dan indera perasa hingga menyebabkan keluhan seperti yang Anda rasakan.

Untuk mengetahui secara pasti kondisi organ pembauan Anda, disarankan untuk melakukan konsultasi langsung ke dokter spesialis THT. Akan dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung, terutama untuk rongga hidung dan sekitarnya. Terapi akan diberikan sesuai dengan penyebab dari keluhan serta hasil pemeriksaan fisik/penunjang yang dilakukan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar