Sukses

Nyeri Dada

16 Dec 2013, 11:14 WIB
Wanita, 21 tahun.
halo dokter, sebenarnya saya tidak tau nini masuk kategori kolesterol atau tidak, tapi berkaitan dengan artikel '7 gejala jantung pada wanita' oleh dr. Nadia Octavia yang ada di yahoo! she, saya ingin bertanya, terkadang jantung saya terasa seperti mengglepar atau ndredeg, itu berlangsung mungkin sekitar 3 detik. ndredeg ini beberapa kali terjadi, tidak sering sampai tiap hari, tapi mungkin seminggu atau dua minggu sekali terasa. untuk saya ini agak seram dok, makanya saya penasaran, ini normal atau bagaimana? terkadang juga saya sulit menarik napas panjang karena sakit seperti menusuk di dada, apa ada hubungannya dengan ndredeg tadi? ini juga terjadinya tidak sering, namun kerap terjadi. mohon tanggapannya ya dok, terima kasih :)
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Untuk usia Anda yaitu 21 tahun, memang resiko untuk terjadinya penyakit jantung sangat sedikit kecuali memang Anda ada turunan penyakit kekentalan darah. Perasaan yang Anda rasakan seperti ada perasaan tidak enak di dada, bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti : 

  • Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.
  • Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.
  • Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberian obat lambung atau maag. 
  • Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung misalnya jantung berdebar debar, keringat dingin, disertai nyeri yang menjalar ke lengan.
  • Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan.

Kemungkinan besar perasaan menusuk dan rasa tidak enak di dada disebabkan oleh gejala maag. Pada orang yang menderita sakit maag, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, merokok dan hal-hal lain yang dapat  merangsang asam lambung.

Usahakanlah untuk selalu makan tepat pada waktunya, ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan sedikit-sedikit tapi sering. Jika ingin mengkonsumsi buah-buahan yang agak asam, sebaiknya dikonsumsi setelah makan makanan padat. Dengan demikian sakit maag dapat dikontrol. Bila keluhan ini berlanjut Anda dapat menemui Dokter Specialis Penyakit Dalam agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut serta pemberian obat. 

 

Demikian informasi yang disampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar