Sukses

Sulit Tidur Dan Ingin Gemuk

16 Dec 2013, 10:56 WIB
Pria, 24 tahun.
saya susah tidur dan saya ingin berat badan ideal ( gemuk )
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

1). Keadaan sulit tidur, sulit mempertahankan tidur, sering terbangun ketika tidur, bangun tidur terlalu dini disebut dengan insomnia. Bisa bersifat sementara, jangka pendek (2-3 minggu), atau kronis. Sudah berapa lama Anda mengalami keluhan ini?

Faktor yang erat kaitannya dengan insomnia adalah penyakit, depresi, kecemasan (anxietas), stres, lingkungan yang menyulitkan tidur, kafein, alkohol, perokok berat, tidur siang, kebiasaan tidur terlalu dini atau menghabiskan waktu di tempat tidur ketika tidak ingin tidur. Bagaimana dengan Anda, adakah faktor-faktor yang saya sebutkan Anda alami?

Untuk itu perhatikan bagaimana pola tidur Anda. Kami sertakan beberapa artikel yang dapat membantu Anda untuk memiliki jadwal tidur yang baik. Untuk pengobatan sebaiknya memang Anda coba tips-tips kami dahulu, oleh karena beberapa obat tidur dapat menimbulkan ketergentungan. Bila keadaan ini sangat menggangu kehidupan Anda, memang sebaiknya Anda konsultasi ke dokter ahli kejiwaan untuk pengobatan lebih lanjut. 

Beberapa Tips Untuk Mengatasi Insomnia

Tidur Sehat, Tidur Berkualitas

Solusi Sulit Tidur

2). Bila dilihat dari IMT (Index Masa Tubuh) maka Anda tergolong berat badan kurang (< 18,5).

Pada dasarnya, berat badan tidak bertambah disebabkan karena konsumsi energi lebih rendah dari kebutuhan. Dalam hal ini, sebagian cadangan energi tubuh dalam bentuk lemak akan digunakan. Penyebab lain adalah karena metabolisme tubuh yang cepat (biasanya merupakan faktor keturunan).  Selain itu, seseorang yang termasuk dalam kategori kurus dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti hipertiroid atau tuberkulosis.


Jika pola makan Anda sudah baik, bagaimana dengan pola aktivitas Anda? Adakah keluhan lain yang Anda rasakan seperti batuk lebih dari 2 minggu atau tangan gemetar, sering buang air besar?


Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan, antara lain:

  • Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.
  • Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu. 
  • Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.
  • Istirahat yang cukup agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma.
  • Memperbanyak minum air putih.


Anda dapat mengunjungi Rubrik Gizi yang kami miliki untuk panduan beberapa jenis makanan dan kalorinya. Selain itu Anda juga dapat memperhatikan label makanan pada setiap kemasan untuk mengetahui jumlah kalori dan kandungan nutrisi pada setiap produk makanan yang Anda beli.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar