Sukses

Kerusakan Gigi pada Balita

20 Oct 2014, 10:53 WIB
Wanita, 28 tahun.
Dear dokter Arni, Salam kenal :-) Begini, anak pertama saya akan berumur 2 tahun tgl 4 januari taun depan, tetapi 4 gigi atasnya sudah gupis berbentuk cekung terlihat seakan tidak memiliki lapisan email dan giginya empuk ketika saya tekan, tapi tidak hitam. memang sih dia sebelumnya tidak mau sikat gigi. saya sudah ke dokter gigi, ketika mau diperiksa dia sudah nangis sehingga dokter yang memeriksanya hanya dilihat dan dipegang giginya sebentar. saya diberi obat untuk menghilangkan nyeri dan antibiotik saja, namun 3 hari sesudahnya saya cek gigi anak saya koq tetap seperti itu. apa sebaiknya yang saya lakukan? apakah saya harus pergi ke dokter gigi yang lain? apakah anda bisa merekomentasikan produk perawatan gigi anak saya agar kerusakannya tidak merambat ke gigi lain dan apakah anda bisa merekomendasikan tempat untuk pengobatan gigi anak saya di daerah surabaya? Trimakasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Saudari.

 

Mengingat usia anak Saudari yang masih tergolong balita, kerusakan yang terjadi cukup disayangkan karena hal ini tentu saja dapat dihindari apabila dilakukan perawatan secara benar terhadap gigi-giginya yang baru tumbuh. kerusakan gigi pada balita biasaya disebabkan oleh kebiasaan konsumsi susu atau minuman manis dalam botol sampai tertidur, dan bisa juga disebabkan minum ASI sampai tertidur kemudian gigi tidak dibersihkan. Peran orang tua sangat dibutuhkan dalam membersihkan gigi pada anak usia 2 tahun atau kurang.

Apabila anak Saudari memang memiliki kebiasaan yang seperti telah dipaparkan diatas, maka segeralah dihentikan karena apabila tidak dihentikan kerusakan tentu saja akan semakin parah dan merambat ke gigi yang lain. Kemudian jagalah kebersihan gigi anak Saudari dengan menyikatnya secara perlahan menggunakan sikat gigi khusus balita.

Obat minum yang telah diberikan oleh dokter gigi Saudari itu hanya berfungsi untuk membunuh bakteri dan menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkan akibat kerusakan tersebut, dan tidak dapat membetulkan struktur gigi yang telah rusak. Kami menyarankan agar anak Saudarai dibawa ke dokter gigi spesialis anak, yang biasa berpraktek dirumah sakit besar.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar