Sukses

Sesak Nafas

16 Dec 2013, 10:44 WIB
Wanita, 20 tahun.
Dok saya mau konsultasi, saya selalu sesak nafas dan batuk saat kelelahan , kedinginan (terkena AC, maupun minum air dingin), ataupun terkena asap. Biasanya sesak di dada hingga tidak dapat berbicara. Kira-kira apakah itu gejala asma?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Memang untuk mendiagnosa asma harus dilakukan pemeriksaan tubuh terutama saat sedang kambuh, namun bila dilihat dari keluhan Anda sepertinya Anda menderita gangguan pernafasan yang hipersensitif (terkena ac, asap, air dingin langsung sesak) dan kemungkinan besar mirip dengan gejala asma.  Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan:

  • Seberapa sering sesak nafas Anda kambuh?
  • Seberapa sering Anda mengalami serangan sesak mafas pada malam hari?

Pada dasarnya, asma merupakan suatu reaksi alergi yang disebabkan oleh beberapa faktor tertentu yang individual. Hampir semua penderita asma alergi terhadap sesuatu. Anda perlu mengetahui faktor-faktor yang memicu kekambuhan asma Anda dan menghindarinya untuk mencegah kekambuhan. Beberapa pemicu asma adalah udara dingin, stres fisik maupun psikis, debu, makanan, dll tergantung pada individunya.

Asma tidak dapat dihilangkan, namun dapat dikendalikan dengan menghindari pencetus dan mengkonsumsi obat-obat pengendali asma. Olah raga yang ringan dapat membantu meningkatkan stamina Anda, namun pada beberapa orang terlalu lelah dapat juga mencetuskan serangan asma sehingga olah raga yang terlalu berat tidak dianjurkan. Namun hal ini sangat bergantung pada derajat asma Anda. Kami menganjurkan bila kondisi ini sering terjadi harap kunjungi dokter specialis penyakit dalam atau specialis paru-paru agar Anda dapat mendapatkan pengobatan.

Berikut saya sertakan artikel untuk panduan informasi lengkap Anda:

Pengetahuan Praktis Tentang Asma

18 Cara Cegah Asma Kambuh

Demikian informasi yang disampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar