Sukses

Kedutan

16 Dec 2013, 10:38 WIB
Pria, 22 tahun.
selamat malam dok, sebelumnya terimakasih karena adanya layanan ini.. hal yang ingin saya tanyakan adalah: 1. apakah ada arti kedutan itu? apakah ada hubungannya dengan sistem saraf? 2. kebetulan saya mengalami kedutan pada telunjuk tangan kiri, sudah hampir seminggu ini dengan durasi yang sering tiap harinya. apakah ada penjelasan dari hal tersebut dok? terimakasih #MenujuIndonesiaSehat
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

1. Ia kedutan dapat berhubungan aliran saraf yang dapat mempengaruhi sekumpulan otot shingga membuat otot tersebut "berkedut" atau twitching. 

2. Twitching dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti : 

  • Penyakit autoimmune (sistem imun tuubuh menyerang tubuh sendiri) seperti Isaac syndrome 
  • Pengaruh beberapa obat seperti kafein dan amfetamine 
  • Efek samping obat kortikosteroid, diuretic dan estrogen 
  • Olahraga 
  • Kekurangan elektrolit (mineral tubuh seperti natrium, kalium, magnesium) 
  • stres dan kecemasan 

Kedutan yang menyerang mata, betis, jempol sering disebabkan oleh stres dan kecemasan dan biasanya akan hilang dalam beberapa hari. 

Yang dapat Anda lakukan adalah coba hidup lebih sehat dahulu. Konsumsi makanan yang tinggi akan mineral (elektroli) seperti pisang, kacang, bayam, dan susu. Coba istirahat yang cukup  (7 - 9 jam dalam sehari), rajin berolahraga, serta banyak konsumsi air putih. Bila keadaan ini masih berlanjut sebaiknya Anda mengunjungi dokter specialis saraf dagar dapat diberikan pengobatan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar