Sukses

Sering Buang Air Kecil

15 Dec 2013, 19:05 WIB
Pria, 28 tahun.
Dok, mau nanya saya kan udah lama udah 6 tahun sering buang air kecil itu dikarenakan apa ya dok? terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Buang air kecil adalah mekanisme tubuh mengeluarkan sisa metabolisme yang sudah tersaring di dalam ginjal. Apabila Anda banyak minum dan kemudian banyak berkemih maka hal tersebut wajar terjadi. Tidak ada alasan untuk mengurangi asupan cairan dikarenakan banyaknya berkemih. Semakin banyak asupan cairan Anda maka akan semakin baik bagi tubuh karena dapat diingat bahwa 60-70% tubuh terdiri atas cairan. Banyak berkemih ketika suhu dingin pun memang wajar terjadi.

Namun ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, bahwa beberapa penyakit yang dapat berkaitan dengan keluhan Anda, misalnya :

Gejala diabetes yang paling terkenal adalah 3P yaitu polidipsi (minum banyak karena sering haus), polifagi (makan banyak melebihi biasa), dan poliuri (berkemih banyak > 5x ketika istirahat atau tidur). Jadi berkemih banyak sewaktu Anda sedang beraktivitas atau karena Anda minum banyak bukanlah gejala dari Diabetes.

Gangguan prostat ditandai dengan gejala obstruktif dan iritatif. Gejala obstruktif meliputi stream (gangguan pancaran aliran kencing), voiding (perlu mengedan ketika kencing), hestitancy (jika sudah ingin merasa kencing, air kencing tidak dapat segera keluar), intermitency (air kencing terputus-putus), bladder emptying (tidak lampias), inkontinensia (mengompol). Gejala iritatif ditandai dengan urgency (tidak dapat menahan kencing), nocturia (jumlah kencing di malam hari), diuria (jumlah kencing di siang hari).

Jika tidak terdapat keluhan seperti diatas maka bisa saja kondisi yang Anda alami normal adanya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat. (PNA)

Salam, 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar