Sukses

Merah-merah di Kulit: Herpes?

18 Dec 2013, 14:15 WIB
Pria, 28 tahun.
Dear dokter, mau tanya 3 hari yang lalu pacar saya kulitnya gatal seperti biang keringat. namun hari kamis merah yang tadi nya bintik2 skr jd seperti luka dan merahnya semakin melebar dan nyebar. kondisi nya merah ad bintik2 yg tdk berair lalu di bagian tengah seperti warna biru ( seperti luka memar ) dan sya tanya ke pacar sya katanya rasanya seperti panas, dan nyeri. apalagi itu di bagian atas ketiak dan meneybar smpai ke bawah ketiak jadi untuk gerakkan tangan seperti sakit dan kaku. td malam saya bawa untuk periksa ke dokter kulit dan kelamin, kata dokter tersebut itu iritasi. namun sya bngung kok iritasi smapai menyebar. lalu sya tanya apakah ini termasuk virus herpes dok? namun lagi-lagi katan beliau hanya iritasi biasa. mohon bantuan Dokter dari gajala tersebut apakah benar iritasi atau herpes.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Terdapat 2 Herpes yang sering membuat rancu masyarakat, yaitu Herpes Simpleks dan Herpes Zoster. Herpes simpleks adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks tipe I atau tipe II yang ditandai oleh adanya vesikel (gelembung) berkelompok di atas kulit yang sembab dan merah, mengenai alat kelamiin dan mukosa mulut. Sedangkan herpes zoster adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zooster (virus cacar) yang menyerang kulit dan mukosa. Penyakit herpes simpleks termasuk dalam kategori penyakit infeksi menular seksual karena ditularkan terutama melalui hubungan seksual, sedangkan herpes zoster timbul akibat reaktivasi virus yang terjadi setelah infeksi primer yang umumnya bermanifestasi sebagai cacar air (varisela).

Herpes zoster adalah infeksi yang disebabkan oleh virus varisela-zoster dan menyerang kulit, mukosa, serta saraf. Virus varisela zoster ini didapat saat seseorang terkena cacar air dan kemudian virus dapat tinggal di sistem saraf  dan dapat tereaktivasi  jika orang tersebut mengalami stres berlebih atau penurunan daya tahan tubuh. Karena disebabkan oleh virus, maka penyakit ini dapat sembuh sendiri (self limiting disease) dalam jangka waktu beberapa hari asalkan daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh meningkat.

Virus varisela-zoster merupakan virus yang sama yang menyebabkan cacar air, untuk itu memang dapat menular. Herpes zoster dapat menular pada mereka yang belum pernah terkena cacar air dan yang akan timbul adalah cacar air bukan herpes zoster. Setelah seseorang terkena cacar air maka orang tersebut dapat terkena herpes zoster bila mengalami stres berlebih atau penurunan daya tahan tubuh. Mereka dengan herpes zoster tidak terlalu menularkan virus seperti mereka yang dengan cacar air. Penularan dapat terjadi melalui kontak langsung dengan kulit yang mengalami lesi karena virus dapat menyebar melalui udara.

Sulit untuk memastikan penyebab keluhan yang dialami pacar Anda tanpa melakukan pemeriksaan fisis secara langsung. Apakah ada riwayat menggunakan produk tertentu yang baru digunakan? Kami menyarakan pacar Anda memeriksakan diri kembali ke dokter spesialis kulit dan kelamin yang menanganinya untuk mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar