Sukses

Demam dan Nyeri Berkemih

19 Oct 2014, 18:08 WIB
Pria, 15 tahun.
Pada mulanya saya demam pada malam hari, kesokannya demam saya sudah surut dan saya berasa tak tahan sangat nak kencing. Apabila saya kencing, air kencing keluar hanya sikit, warnanya kuning dan berbau amat hancing. Pada bahagian ari-ari saya terasa amat sakit. Sakit tu makin lama makin hilang apabila sampai waktu tengah hari. Kesokan pagi, masih berlaku benda yang sama kepada saya. Lepas sakit tu mula hilang, saya boleh kencing seperti biasa tanpa rasa sakit. Mintak tolong doktor jelaskan penyakit saya dan cara mengubatinya. Terima kasih banyak.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Tampaknya yang Anda alami adalah infeksi saluran kemih/kencing. Infeksi saluran kemih terjadi karena adanya invasi mikrooganisme pada saluran kemih. Untuk menegakkan diagnosis ISK harus ditemukan bakteri dalam urin melalui biakan atau kultur  dengan jumlah yang signifikan yaitu lebih besar dari 100.000/ml urin. Namun, pada pasien dengan simptom ISK, jumlah bakteri dikatakan signifikan jika lebih besar dari 100/ml urin. Apabila benar terdapat infeksi saluran kemih, maka dokter akan memberikan Anda pengobatan dengan antibiotik, serta mengevaluasi penyebab dasarnya untuk mencegah kekambuhan, apakah karena kurang minum, sering menahan kemih, infeksi kemaluan, batu saluran kemih, dsb. Bila penyebab dasarnya tidak diatasi maka keluhan-keluhan tersebut menjadi tidak tuntas dan terus berulang.

Faktor risiko yang paling sering untuk terjadinya infeksi saluran kemih adalah adanya batu di saluran kemih yang menyebabkan peradangan dan memudahkan terjadinya infeksi serta sumbatan di saluran kemih. Untuk itu, Anda perlu datang ke dokter yang terdekat di kota Anda untuk diagnosis pasti dan penanganan tepat segera.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (PNA)

Salam,

 

Redaksi KlikDokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar