Sukses

Pencabutan Gigi Graham Bungsu

18 Oct 2014, 13:48 WIB
Wanita, 24 tahun.
Dok,gigi geraham saya kanan & kiri bagian belakang,tumbuh beberapa tahun yg lalu.Tapi pertumbuhannya lambat,sdikit demi sdikit,sehingga saya sering mengalami sakit gusi.Apakah itu pengaruh pertumbuhan gigi trsebut? Jika kedua gigi tsb di cabut,apakah boleh,apa tidak ada efek/resikonya? Terima kasih,
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Saudari.

 

Dapat saya simpulkan bahwa gigi Anda yang bermasalah adalah gigi Molar 3, dimana gigi ini terletak paling belakang dan tumbuh paling akhir yaitu sekitar umur 19-21 tahun, gigi ini memang sering ditemukan bermasalah pada banyak orang yaitu selain tumbuhnya tidak normal dan juga berlubang. Proses keluarnya gigi ini memang terkadang menimbulkan masalah serta rasa sakit, karena  pada kebanyakan kasus, rahang seringkali tidak cukup besar untuk menampung gigi-gigi ini sehingga tidak dapat tumbuh sepenuhnya atau tetap berada di bawah gusi atau di dalam tulang. Keadaan inilah yang disebut impaksi. Impaksi adalah suatu keadaan di mana gigi mengalami hambatan dalam arah erupsinya / tumbuhnya, sehingga tidak dapat mencapai posisi yang seharusnya.

Mengingat fungsi dari gigi molar 3 ini yang tidak begitu maksimal dalam mulut, maka apabila terdapat masalah tindakan pencabutan merupakan pilihan  yang baik. Selain itu posisi yang terletak sangat dalam terkadang menyulitkan dokter gigi untuk memberikan tindakan perawatan sehingga tidak bisa dipungkiri  hasilnya tidak maksimal apabila gigi tersebut  dipertahankan dengan cara  penambalan atau perawatan lainnya. Untuk mendukung  tindakan pencabutan gigi ini diperlukan pemeriksaan x ray guna memastikan posisi gigi tersebut secara keseluruhan.

Sebaiknya Anda langsung berkonsultasi dengan dokter gigi mengenai masalah Anda, agar dapat langsung dilakukan pemeriksaan dan dapat ditentukan perawatan yang terbaik bagi Anda.

 

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani.

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar