Sukses

Infeksi Saluran Kemih

18 Dec 2013, 15:08 WIB
Wanita, 19 tahun.
Selamat siang dok .. Saya ingin konsultasi tentang penyakit yang saya alami. setiap hari saya selalu buang air kecil dengan frekuensi yang cukup sering dan lama. dalam sehari saya bisa buang air kecil lebih dari 5 kali dan itupun dalam waktu yang cukup lama. Saya tidak pernah tuntas kalau buang air kecil, dalam arti saya harus tetap berada dikamar mandi karena saya merasa akan ada air seni lagi yang keluar, setelah itu air seni yang keluar hanya beberapa tetes saja dan untuk mengeluarkan itu saya harus konsentrasi untuk mengeluarkannya. Saya sudah mengalami ini sudah hampir 5 tahun. Jika demikian seperti itu kira kira penyakit apa yang saya alami dok ? Saya sangat menantikan jawaban dari dokter.Terima kasih dan selamat siang.
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, nampaknya keluhan yang Anda alami berkaitan dengan infeksi saluran kemih/kencing. Infeksi saluran kemih terjadi karena adanya invasi mikrooganisme pada saluran kemih. Untuk menegakkan diagnosis ISK harus ditemukan bakteri dalam urin melalui biakan atau kultur  dengan jumlah yang signifikan yaitu lebih besar dari 100.000/ml urin. Namun, pada pasien dengan simptom ISK, jumlah bakteri dikatakan signifikan jika lebih besar dari 100/ml urin. Apabila benar terdapat infeksi saluran kemih, maka dokter akan memberikan Anda pengobatan dengan antibiotik, serta mengevaluasi penyebab dasarnya untuk mencegah kekambuhan, apakah karena kurang minum, sering menahan kemih, infeksi kemaluan, batu saluran kemih, dsb. Bila penyebab dasarnya tidak diatasi maka keluhan-keluhan tersebut menjadi tidak tuntas dan terus berulang.

Faktor risiko yang paling sering untuk terjadinya infeksi saluran kemih adalah adanya batu di saluran kemih yang menyebabkan peradangan dan memudahkan terjadinya infeksi serta sumbatan di saluran kemih. Untuk itu, Anda perlu datang ke dokter spesialis urologi agar diagnosis kerja dan penanganan yang tepat dapat segera diberikan.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (AK)

Salam,

 

Redaksi KlikDokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar