Sukses

Kista Bartholin

18 Dec 2013, 14:58 WIB
Wanita, 23 tahun.
dok, saya wanita 23 tahun saya sudah menikah dan sekarang saya sedang hamil anak pertama saya, UK 4 bln. sudah seminggu ini ada benjolan aneh di bibir miss V yang paling luar. hari selasa hanya ada 1 benjolan (di sebelah kiri), dan di hari kamis sudah muncul 1 lagi di sebelah kanan. saya tidak pernah bergonta-ganti pasangan, saya hanya berhubungan seks dengan 1 lelaki yaitu suami saya. suami saya termasuk orang yang menjalani pola hidup sehat, makan sehat & olahraga teratur. dia tidak memiliki penyakit dalam begitu pula saya. hanya akhir-akhir ini saya suka sekali minum kopi dingin (di blend di campur dengan es batu). untuk saya yg sedang hamil 4 bln apa minum kopi dingin berbahaya ?? kami berdua pun tidak pernah mengonsumsi obat kecuali obat flu atau sakit kepala. kami pun tidak memiliki riwayat penyakit aneh/parah yang sampai di rawat di Rs. yang saya tanyakan benjolan di bibir vagina itu sebenarnya apa ? apakah berbahaya atau tidak ? rasanya memang tidak sakit, benjolannya pun tidak membesar tapi tidak mengecil . . . adakah obat atau salep yang dapat menghilangkan ini ? penyebabnya apa ya dok ?? terima kasih atas jawabannya . . .
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, nampaknya keluhan Anda adalah Kista Bartholin. Kista bartholin umum terjadi pada wanita usia 20-29 tahun terutama mereka yang belum pernah hamil atau baru hamil sekali. Kista tersebut tidak berbahaya namun dapat menyebabkan nyeri dan membuat jalan menjadi lebih sulit karena dapat terus membesar hingga ukurannya menjadi sebesar telur.

Kelenjar bartholin adalah 2 kelenjar yang berlokasi di kanan dan kiri pada bibir vagina yang berfungsi untuk memproduksi lendir untuk lmembasahi/melumasi vagina.

Jika kelenjar bartholin tersumbat maka akan menyebabkan pembentukan kista yang berisi cairan. Kista ini dapat disebabkan oleh infeksi, peradangan, atau sumbatan lokal karena lendir vagina. Apabila disebabkan karena infeksi, kista tersebut berubah menjadi abses.

Penanganannya bergantung dari ukuran kista, ada tidaknya infeksi, nyeri atau tidaknya. Kista kecil dapat direndam di air hangat beberapa kali dalam sehari selama 3-4 hari untuk mengurangi nyeri dan agar kista dapat pecah dengan sendirinya. Atau dokter dapat memasang selang kecil / kateter untuk mengeluarkan cairan dari kista.

Untuk itu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan fisik mendetil dan penanganan yang optimal. Jika tidak segera ditangani maka kista bartholin dapat terinfeksi seperti yang telah kami jelaskan di atas sebelumnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AK)

Salam,


Tim Redaksi KlikDokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar