Sukses

Maag & Vertigo

20 Oct 2014, 05:10 WIB
Wanita, 17 tahun.
Saya memang mengidap penyakit maag akut, yang jadi pertanyaan saya baru" ini saya sering sekali kena vertigo ( karena pusingnya berputar-putar jadi saya sebut vertigo), apakah sebenarnya minum soft drink mempengaruhi timbulnya vertigo? sebab setiap minum soft drink pada malam hari tiba" saat bangun tidur saya langsung vertigo... terima kasih
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memhami kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Maag atau bisa juga disebut sebagai dyspepsia merupakan suatu kumpulan gejala yang disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebihan, dapat disebabkan oleh stres, beberapa pengobatan, pada beberapa kasus kompilasi menjadi gastritis paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri (H.pylori). Pengobatan berupa perubahan pola makan, kurangi kopi, teh, makanan pedas, soda,makanan yang asam serta banyak gas seperti kol, sawi. Serta untuk mengingat jangan telat makan, dan makan secara teratur, cobalah untuk konsumsi makanan sedikit-sedikit namun sering. 

1. Penyakit pada lambung memang dapat membuat beberapa gejala seperti badan lemah, pusing malah terkadang vertigo. Untuk keluhan ibu berupa pusing dan tidak dapat berdiri lama, apakah ibu pernah memeriksa tekanan darah? Hb? sebab dapat juga disebabkan oleh darah rendah. 

2. Penyakit maag memang sering hilang timbul, pengobatan memang sedikit lama. Saya anjurkan ibu untuk menyimpan obat ibu,bila ada keluhan langsung diminum. Bila tidak, disimpan saja obatnya. Untuk penyakit maag bila disebabkan oleh kuman H pylori, maka pengobatan memang agak lama, selama 14 hari dengan kombinasi obat. untuk memastikan penyakit oleh kuman ini diperlukan pemeriksaan darah atau nafas. 

Demikan informasi yang kami dapat sampaika, semoga bermanfaat. (NO)

Salam, 

Tim redaksi Klik Dokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar