Sukses

Ingin Hamil

12 Dec 2013, 12:17 WIB
Wanita, 30 tahun.
Dok, saya mau nanya nie dan mohon diberi solusinya. sebelumnya saya akan bercerita dikit tentang riwayat medis saya agar dokter dapat memberikan advice yang tepat pada saya n makasih sebelumnya. Gini dok, saya usis saya skr 30 tahun pekerjaan mengajar,saya sudah menikah selama 3 tahun. pada tahun 2011 saya operasi kista ovarium sebelah kanan dan kata dokternya terjadi pembengkakan shingga indung telur yg kanan harus dipotong, sedih dok rasanya skr saya hanya punya 1 indung telur disebelah kiri. kemudian pada tahun 2012 saya dinyatakan hamil oleh dokter tp ktxa janin tidak berkembang pada usia 12minggu akhirxa dikuret bulan maret 2012 karena terjadi kontraksi dan pendarahan.sampai sekarang saya belum hamil lagi dok, udah berusaha berhubungan pada masa subur. bulan kmrn cek ke dokter ternyata ada kista sebesar 7cm yg nempel diovarium kiri. kt dokter tidak perlu dioperasi, malah saya dikasih obat penyubur tapi tidak saya minum karena saya takut kl dikasih penyubur tar gmn kn ada kista diovariumxa.sedih rasanya dok, yang kanan udah ilang ni yang kiri ada kista. Pertanyaan saya dok, 1. makanan apa yang harus jadi pantangan biar kista mengecil atau hilang 2. bagaimana kemungkinan terjadi kehamilan?saya pengen banget punya anak, karena saya blm punya dok 3. apa pengaruhnya atau akibatnya kalau kista di ovari sebelah kiri tidak dioperasi jika suatu saat terjadi kehamilan? Maaf dok pertanyaan saya banyak, terima kasih atas kesediaan dokter menjawab pertanyaan saya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

  Terima kasih atas pertanyaan Anda.

1. Makanan untuk memperkecil kista hingga hilang itu tidak ada bu. Sebaiknya memang diketahui dulu jenis kista ibu, dan biasanya dilakukan terapi, namun memang ada beberapa kista yang tidak perlu dilakukan terapi namun bagaimana ketentuannya sebaiknya Ibu konsultasi dengan dokter specialis kandungan dan kebidanan. 

2. Masih bisa bu terjadi kehamilan, terus saja berusaha. Disamping itu, yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Perlu juga diperhatikan: 

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas

  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio

Berikut adalah beberapa artikel Kami yang dapat Anda akses terkait persiapan kehamilan pada pasangan suami-istri:

Merencanakan Kehamilan 

Sepuluh Cara Meningkatkan Kesuburan

6 Tips untuk Mempercepat Kehamilan

Persiapkan Kehamilan dengan Konsumsi Asam Folat

bila memang sulit kan ada juga beberapa cara untuk hamil seperti in vitro fertilization hingga adopsi. 

3. Memang dengan berkembangnya kehamilan pada beberapa kasus kista dapat membesar juga namun ada juga yang tidak. Biasanya untuk kelahiran dengan adanya kista dilakukan operasi caesar sekaligus untuk memangkat kista. Sebaiknya memang Anda konsulatsi dengan dokter kandungan dan kebidanan.

Semangat mencobanya Bunda !!

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar