Sukses

Kutil Pada Kelamin

12 Dec 2013, 12:37 WIB
Wanita, 23 tahun.
Terimakasih atas waktu untuk merespon pesan saya,,, Saya sudah sejak lama dihantui rasa takut, saya sadari ini akibat kesalahan dan kebodohan saya,,, Saat ini, pada kemaluan saya seperti ada daging tumbuh yang disertain benjol2 seperti kutil, mungkin kah itu disebut dgn penyakit kutil kelamin atau kondiloma? Sebaiknya apa yg harus saya lakukan? Mungkinkah saya terkena hiv?saya akui pada usia 17 thn saya sdh melakukan hub sexual dgn pacar saya... Bisakah saya kembali sehat? Mohon jawabannya dok...
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Kami turut prihatin dengan kondisi kesehatan Anda saat ini. Saya mengerti bahwa keluhan ini pasti menjadi kekhawatiran tersendiri.

Kutil pada kelamin, dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah kondiloma akuminata, merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. Kadang kutil ini juga dikenal dengan istilah jengger ayam. 

Kutil pada kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan pengobatan, antara lain dengan mengoleskan bahan bernama podifilin pada kutil tersebut untuk kemudian dibilas, atau dengan cryosurgery, dengan laser,  atau dengan operasi kecil untuk mengangkat jengger ayam yang berukuran lebih besar. Dengan penanganan yang tepat maka kondiloma akuminata dapat disembuhkan, meskipun sering kambuh. Sebaiknya Anda konultasi ke dokter specialis kulit dan kelamin untuk pengobatan lebih lanjut. 

Efektivitas penanganan sangat bergantung pada ukuran dan juga metode penanganan. Penanganan dengan gel/salep/krim kemungkinan akan memberikan hasil yang lebih lambat pada ukuran jengger ayam yang lebih besar.

Kondiloma akuminata juga merupakan penyakit yang ditularkan lewat hubungan seksual. Apakah Anda sudah menikah? Anda perlu memperhatikan agar melakukan hubungan seksual yang aman, tidak berganti-ganti pasangan dan melakukan hubungan seksual dalam hubungan pernikahan agar kondiloma akuminata tidak berulang atau terkena infeksi menular seksual lainnya.Dengan bergonta-ganti pasangan memang dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi HIV namun belum untuk memeriksanya harus dengan pemeriksaan darah. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan semoga anda lekas sembuh. (EA)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar