Sukses

Keluhan - Keluhan Yang Sulit Hilang

20 Oct 2014, 06:54 WIB
Pria, 17 tahun.
Keluhan saya: 1. Sesak Nafas 2. Nyeri dada di sebelah kiri 3. Sering ngantuk dan lelah Riwayat Kesehatan Saya: 1. Sejak saya SD tahun 2007, dada saya kadang-kadang sesak dan nyeri. Namun, kejadian tersebut hanya terjadi sementara 2. Saat saya kelas 7 (menjelang akhir tahun 2009), pernapasan saya agak sesak saat saya berbicara dengan seseorang di ruangan. Beberapa hari kemudian saya ke dokter, lalu saya di diagnosa terkena masalah di lambung. Saya konsumsi obatnya, tapi hasilnya nihil. 3. Saat saya kelas 8 (tahun 2011), kepala, tangan, kaki, dan tubuh saya kesemutan dan hampir pingsan. Saat saya tidurkan tubuhku, masalah tersebut hilang. Kejadian tersebut berulang 2 kali saat saya berada di ruang kelas dan saat mengikuti paduan suara 4. Saat saya kelas 9 (tahun 2011), saya minum kelapa muda dari bagian bawah. Saat minum, tiba-tiba ada semacam serpihan kayu kecil nyangkut di tenggorokan dan dada saya sesaknya mulai bertambah 5. Awal tahun 2012, saya minum 2 kapsul (pakai botol). dan obatnya masuk ke tenggorokan. Saya muntahkan obat tersebut, tapi tidak keluar sama sekali (tetap nyangkut di leher). 6. Awal 2013, saya minum 1 Kapsul dan obatnya masuk ke tenggorokan lagi 7. Saat Sabtu Malam (Maret 2013), Saya minum 2 kapsul. Kejadiannya sama seperti awal 2013 8. Saat saya lari pas ambil nilai buat tugas, ada rasa nyeri di dada sebelah kiri 9. Saya beli minuman bubble drink. Karena saya tidak tahu kalo bubble yang ada di bubble drink harus di kunyah, makanya saya tersedak secara tidak sengaja. 2 hari kemuadian saya batuk-batuk, lalu saya dibei obat batuk, keesokan harinya, ada sedikit nyeri (seperti ditekan) pada bagian ginjal dalam waktu beberapa minggu 10. Saat saya minum air putih (Juli 2013), air masuk ke paru-paru dan dada saya mulai sesak Saya konsultasikan diri saya ke dokter Penyakit Dalam, tapi hasil tes tidak terdeteksi masalah. 11. Bru naik tangga (November 2013), jantung saya berdebar agak cepat, sesak nafas, tubuh lelah. 12. Akhir-akhir ini saya sering ngantuk sehingga sangat mengganggu aktifitas saya untuk belajar Saya sudah konsultasikan ke dokter Paru-paru, saya di rontgen paru-paru dan tes darah. Namun yang membuat saya bimbang adalah dada saya sesak, sering mengantuk, ada nyeri di dada bagian kiri, tapi hasil cek paru-paru saya tidak ada masalah dan hasil tes darah cuma ada alerghi. Dokter menyarankan saya ke dokter jantung atau dokter penyakit dalam untuk masalah nyeri dada Kira-kira apa solusi untuk masalah keluhan penyakit di atas? Terima Kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Bila pemeriksaan paru-paru sudah dilakukan dan dinyatakan tidak terdapat kelainan maka kemungkinan besar memang masalah Anda adalah di lambung. Untuk perasaan seperti ada yang tersedak di tenggorokan bisa saja disebabkan oleh keadaan GERD (gastro esophageal reflux disease). Keadaan dimana asam lambung Anda mengalir ke kerongkongan Anda. 

 

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah: 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 
  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 
  4. Jangan terlambat makan 
  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 
  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu. 

Anda juga dapat membaca artikel kami berjudul :

6 Makanan Perparah Maag

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

Memang obat maag ada banyak golongan, ada golongan H2-Blocker, Proton Pump Inhibitor, dan golongan antasida. Serta ada juga obat yang dapat melindungi lambung ataupun memperlnacar pencernaan, mungkin obat yang waktu itu kurang efek oleh karena mungkin saja harus dikombinasi. Sebaiknya Anda kembali ke dokter specialis penyakit dalam untuk keterangan lebih lanjut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar