Sukses

Herpes

12 Dec 2013, 14:22 WIB
Pria, 33 tahun.
selamat siang dok saya mau tanya mengenai penyakit herpes...?? ada saya baca artikel mengenai pengobatan herpes dengan mengunakan terapi gen walet disalah satu rumah sakit dijakarta yg ingin saya tanyakan apah betul dengan terapi gen walet penyakit herpes bisah sembuh total terimah kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda,

Saya mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Pertama izinkan saya untuk menjelaskan tentan penyakit Herpes.

Virus herpes memiliki masa inkubasi 3-5 hari, setelah itu pada daerah kemaluan akan timbul gerombolan vesikel, di atas kulit kemerahan dan dirasakan nyeri, bila pecah meninggalkan bekas. Sering disertai pembesaran kelenjar yang nyeri.Setelah terjadinya infeksi pertama, yang ditandai dengan timbulnya gelembung berkelompok berisi cairan yang terasa nyeri di mukosa mulut, wajah atau alat kelamin, maka virus tersebut akan bermigrasi masuk ke dalam saraf tepi dan akan terus menetap (berdormansi) di saraf tersebut hingga suatu saat virus tersebut aktif kembali. Pengaktifan kembali virus tersebut dapat terjadi akibat penurunan daya tahan tubuh, infeksi, stress, trauma (kecelakaan), dll. Penularan terhadap orang sekitar dapat terjadi saat infeksi HSV sedang aktif, yaitu pada saat terdapat keluhan berupa gelembung berkelompok berisi cairan yang terasa nyeri. Penyakit sembuh dalam 2-3 minggu. Penyakit ini tidak mengancam nyawa pada orang dewasa namun sering kumat, timbul pada tempat yang sama dan biasanya lebih ringan dari gejala infeksi pertama. Penularannya hampir selalu terjadi melalui hubungan seksual.

Faktor yang mempengaruhi kekambuhan biasanya adalah kelelahan fisik dan stress mental, atau infeksi sistemik lainnya. Hubungan seksual berganti-ganti pasangan meningkatkan kemungkinan terkena. Wanita hamil yang menderita herpes dapat menginfeksi bayinya. Bayi yang lahir dengan herpes dapat meninggal atau mengalami gangguan pada otak, kulit atau mata. Bila pada kehamilan timbul herpes genital, hal ini perlu mendapat perhatian serius karena virus dapat melalui plasenta sampai ke sirkulasi fetal serta dapat menimbulkan kerusakan atau kematian pada janin.

Terapinya secara umum adalah menjaga kebersihan daerah kemaluan dan menghindari trauma atau faktor pencetus. Belum ada pengobatan yang memuaskan untuk penyakit ini.  Obat anti virus biasanya efektif dalam mengurangi frekuensi dan durasi (lamanya) timbul gejala karena infeksi herpes. Namun jika anda mengharapkan durasi sembuh hanya dalam satu hari, sepertinya hal itu sulit dilakukan. Proses penyembuhannya memakan waktu rata-rata beberapa hari- beberapa minggu utnuk menghilangkan bekasnya. Untuk terapi gen walet hingga sekarang belum ada bukti ilimah untuk menyembuhkan herpes, karena herpes disebabkan oleh oleh virus, maka pengobatan yang paling tepat adalah dengan antivirus. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat (EA)

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar