Sukses

Cervicitis

20 Oct 2014, 03:49 WIB
Wanita, 31 tahun.
Pagi dok...minggu lalu saya test pap smear dam hasil test nya ; mikroskopik : sedian apus terdiri dari sel-sel epitel skuamosa normal, sel-sel endocervical normal dan banyak sel radang dengan tanda-tanda cervicitis. Tidak terlihat jamur dan parasit . Tidak tampak sel abnormal dan sel ganas. Kesimpulan : cervicitis non spesefik. Sitologi negatif untuk sel abnormal dan sel ganas Tolong dok dijelaskan cervicitis non spesifik itu apa dan bagaimana cara menanganinya dan apakah melalui vaksin kanker serviks (HPV) bisa sembuh dok dan adakah efek samping dari vaksin tersebut..? Terima kasih ya dok
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Cervicitis merupakan bentuk dari peradangan cervix (mulut rahim) dimana paling sering disebabkan oleh infeksi menular seksual (seperti gonorea, chlamydia, herpes atau bakteri lain) ataupun dapat disebabkan oleh IUD, diafragma, ataupun alergi terhadap kondom. Cara menanganinya adalah pertama mengetahui penyebab dari cervicitis, bila disebabkan oleh infeksi maka harus diberikan pengobatan seperti antibiotik. 

Vaksin HPV adalah vaksin yang  dapat melindungi terhadap infeksi Human Papilloma Virus (HPV) dimana virus ini dapat menyebabkan kanker serviks untuk jenis virus yang ganas dan kutil pada kelamin untuk virus yang jinak.

Jadi vaksin itu bukan untuk pengobatan namun untuk pencegahan. Kami sarankan memang sebaiknya hampir semua wanita di vaksin HPV, namun ada yang menyebutkan bila Anda sudah menikah dan hanya berhubungan seksual dengan pasangan Anda saja maka vaksin tidak perlu. Efek samping dari vaksin hingga sekarang belum ada yang melaporkan. Kami sarankan sebaiknya Anda konsultasi dengan dokter kandungan dan kebidanan untuk mengetahui penyebab dari cervicitis Anda agar dapat diberikan pengobatan. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar