Sukses

Glukosa dan NaCl Untuk si Kecil

20 Oct 2014, 05:03 WIB
Wanita, 1 tahun.
Dokter ysh, Apakah anak (bayi) usia di bawah satu tahun boleh makan makanan yang mengandung garam (NaCl) dan gula (glukosa)? Kalau tidak boleh, apa sebabnya? Terima kasih
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter

Glukosa merupakan bahan bakar yang dibutuhkan oleh sel sel didalam tubuh. Sehingga glukosa dan NaCl bukan perkara boleh atau tidak boleh diberikan, tetapi pada dasarnya setiap manusia membutuhkan glukosa dan NaCl, bagi kelangsungan hidupnya. Namun tentu saja tidak diberikan secara berlebihan.

Untuk bayi usia 0-6 bulan sebaiknya belum dikenalkan dengan makanan selain ASI. Bahkan ASI ibu mengandung Glukosa dan NaCl. Bila ingin mengenalkan anak dengan makanan pendamping ASI sebaiknya dilakukan pada usia anak diatas 6 bulan.

Pemberian MPASI (makanan pendamping ASI) pada anak memang harus dilakukan secara bertahap. Dimulai dari yang paling halus sampai dengan pengenalan makanan padat seperti nasi atau biskuit. Anak mulai diperkenalkan kepada MPASI saat ia menginjak usia 7 bulan setelah melewati periode pemberian ASI eksklusif sampai dengan usia 6 bulan. MPASI yang pertama kali diberikan umumnya disarankan bubur susu serta buah. Apabila anak sudah beradaptasi maka mulailah memperkenalkan nasi tim saring yang dilanjutkan nasi tim yang dihaluskan. Adapun jadwal pemberian makan anak di bawah usia 1 tahun (bayi) umumnya tergolong sering, yaitu setiap 3 jam. Sebagai contoh menunya adalah sebagai berikut:

  1. Air susu ibu (ASI) diberikan sebanyak 4 hingga 5 kali
  2. Pukul 9-10 pagi berikan bubur susu/jus buah
  3. Siang hari berikan nasi lembek (contoh: nasi tim saring), dan
  4. Sore hari berikan jus buah atau bubur susu atau makanan lumat lainnya.

Sesuai namanya, makanan pendamping ASI diberikan untuk "mendampingi" ASI agar nutrisi yang didapatkan anak menjadi lebih lengkap.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat (AK)

Salam

Tim Redaksi KlikDokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar