Sukses

Haid, Ca Cervix

20 Oct 2014, 08:03 WIB
Wanita, 30 tahun.
Assalamu?alaikum tim Klik Dokter. Saya wanita lajang berusia 30,5 tahun. Saya ingin bertanya beberapa hal berikut, mohon tim Klik Dokter menjawabnya 1 per 1 : 1.Haid saya tidak pernah teratur. Jika bulan November haid tanggal 1, maka di bulan Desember sampai tanggal 9 ini belum haid juga. Tanda-tanda yang bisa saya kenali & rasakan saat kurang dari 1 minggu haid adalah keluarnya keputihan yang beraroma seperti pandan, lebih tepatnya seperti aroma kolak yang dimasukkan pewangi daun pandan yang baru masak dari panci panas atau kadang saya menciumnya seperti aroma vanili. Kadang dihari normal saya juga pernah keputihan, tapi tidak bau sama sekali dan tidak gatal. Saya pernah tanya-tanya keteman tentang aroma keputihan mereka, dan semua bilang namanya keputihan ya pasti bau. Apalah hal ini normal dok? Adakah saya menderita penyakit tertentu dok? Apakah tidak adanya keluhan pra & pasca haid bisa dibilang normal? 2. Bentuk labia minora saya mengembang + 1,5 cm keluar labia mayora sehingga berkesan seperti jengger ayam dan warnanya pekat kehitaman. Ada yang bilang dikhawatirkan terserang kanker serviks. Apa ada hubungan antara bentuk mengembang labia minora dengan kanker serviks? Mohon jawaban semua ini dok, karena terus terang saya bingung tentang yang saya alami ini dok. Wassalam dan terima kasih.
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Ibu/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari.

Siklus haid tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain

  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • Stres psikologis
  • Atlit
  • Kekurangan vitamin K
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kelainan pembekuan darah
  • Gangguan hormon tiroid
  • Dsb

Jika siklus haid terjadi diluar batas-batas normal yang telah disebutkan diatas secara berulang, berarti telah terjadi gangguan dalam proses menstruasi dan hal ini perlu dievaluasi lebih lanjut oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan sehingga diketahui penyebab dari gangguan siklus haid dan mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Ukuran Labia TIDAK berhubungan dengan ca. cervix. Jadi Anda tidak perlu khawatir.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat (AK)

Salam

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar