Sukses

Metroragi

20 Oct 2014, 03:55 WIB
Wanita, 20 tahun.
Selamat pagi.. Saya mau tanya.. saya sebagai seorang perempuan yang sering kuatir untuk masalah menstruasi. Menstruasi yang saya alami sangatlah lancar, yang cuma jangka waktu -+ 2'minggu sekali atau 2 bulan tapi mendapati menstruasi sampai 3kali. dan disertai nyeri perut yang benar-benar sakit. Apakah itu hal yang normal ,???' apa ada sesuatu yang mengkwatirkan.,???'
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jika terjadi perdarahan di luar waktu normal siklus haid disebut dengan metroragi.

Pada wanita usia muda, metroragi memang umumnya disebabkan oleh gangguan hormonal. Penyebab metroragi lainnya diantaranya adalah :

  • Dysfunctional uterine bleeding
  • Endometriosis, adenomyosis
  • Kehamilan ektopik
  • Hiperplasia endometrial
  • Polip
  • Penggunaan kontrasepsi
  • Kanker leher rahim
  • Pelvic inflammatory disease

Kemungkinan lainnya yang mungkin terjadi adalah siklus haid yang memendek karena perubahan aktivitas dan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh karena saat ini Anda sedang dalam kondisi kelelahan. Siklus yang kurang dari 21 hari disebut dengan polimenore dan dapat disebabkan karena gangguan keseimbangan hormon atau sindrom polikistik ovarium.

Untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan sehingga bisa mendapatkan penanganan yang optimal. Namun, mengingat terjadinya perubahan dalam aktivitas harian Anda dan kondisi kesehatan Anda, kami sarankan Anda menunggu siklus haid berikutnya, atau jika memang siklus haid tidak berhenti juga maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AK)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar