Sukses

Hernia

09 Dec 2013, 17:52 WIB
Pria, 43 tahun.
Dokter, ( Maaf ) testis sebelah kiri saudara saya, besar sebelah, sudah cukup lama,sejak 9 tahun lalu, 2 hari belakangan ini, terasa denyutan pada bagian kantong testis sebelah kiri tersebut, apa yang harus dilakukan? Please mohon petunjuk Dokter. Terima kasih.
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Benjolan yang terkadang muncul (hilang timbul) di skrotum atau kantung zakar mungkin dapat disebabkan oleh hernia. Hernia, atau lebih dikenal dengan istilah "turun bero", merupakan penonjolan isi suatu rongga melalui bagian yang lemah dari dinding rongga yang bersangkutan. Bergantung pada lokasi kelainannya, hernia dibagi menjadi tiga bentuk, yaitu hernia umbilikalis (pusar), hernia inguinalis (lipat paha), dan hernia skrotalis (kantung kemaluan/skrotum).

Pada prinsipnya, hernia terjadi akibat peningkatan tekanan di dalam rongga perut, atau kelemahan otot dinding perut.  Hernia dapat muncul berkaitan dengan aktivitas seseorang, seperti mengangkat beban berat, aktivitas fisis berlebihan, kebiasaan (mengedan) dan beberapa kondisi medis tertentu (batuk, pembesaran prostat, kehamilan, dsb). Dalam kondisi normal atau biasa, hernia mungkin saja tidak muncul.

Untuk memastikan diagnosis ini, sebaiknya Anda mengajak Anda berkonsultasi ke dokter spesialis bedah guna evaluasi lebih lanjut. Informasi lebih lanjut mengenai hernia dapat Anda baca dengan mengakses tautan berikut:

Hernia

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (AK)

Salam,

 

Redaksi KlikDokter


 

    0 Komentar

    Belum ada komentar