Sukses

ISK dalam Kehamilan

09 Dec 2013, 12:07 WIB
Wanita, 22 tahun.
saya seorang ibu hamil dg usia kandungan kkurang lebih 25 minggu, kemarin saya sempat mengalami anyang-anyangan slm bbrpa hari, kemudian saya cek ke bidan dan dokter kandungan, kata mereka ga papa, itu krn pengaruh bayi dlm kandungan, tp kok sekarang jdinya makin parah, tiap saya buang air kecil skrg jd ada darahnya, apa penyebab dan bgmn cara mengobatinya. saaya takut berpengaruh pd kehamilan saya..
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Ibu/Saudari yang Terhormat.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Nampaknya yang Anda alami adalah infeksi saluran kemih/kencing. Infeksi saluran kemih terjadi karena adanya invasi mikrooganisme pada saluran kemih. Untuk menegakkan diagnosis ISK harus ditemukan bakteri dalam urin melalui biakan atau kultur  dengan jumlah yang signifikan yaitu lebih besar dari 100.000/ml urin. Namun, pada pasien dengan simptom ISK, jumlah bakteri dikatakan signifikan jika lebih besar dari 100/ml urin. Apabila benar terdapat infeksi saluran kemih, maka dokter akan memberikan Anda pengobatan dengan antibiotik, serta mengevaluasi penyebab dasarnya untuk mencegah kekambuhan, apakah karena kurang minum, sering menahan kemih, infeksi kemaluan, batu saluran kemih, dsb. Bila penyebab dasarnya tidak diatasi maka keluhan-keluhan tersebut menjadi tidak tuntas dan terus berulang.

 

Faktor risiko yang paling sering untuk terjadinya infeksi saluran kemih adalah adanya batu di saluran kemih yang menyebabkan peradangan dan memudahkan terjadinya infeksi serta sumbatan di saluran kemih. Untuk itu, Anda perlu datang ke dokter yang terdekat di kota Anda untuk diagnosis pasti dan penanganan tepat segera.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (AK)

 

Salam,

 

Redaksi Klikdokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar