Sukses

Cairan Madzi & Mani

19 Oct 2014, 10:27 WIB
Pria, 20 tahun.
permisi dok saya mau bertanya, saya termasuk orang yang mudah terangsang dan mudah ereksi. bila ereksi saya sudah mulai mereda, saya tau bakal keluar cairan bening yang kental(madzi), nah apakah bila mudah keluar madzi itu ah yang wajar dok? dan apakah sperma(mani) dan madzi dapat keluar bersamaan ketika madzi keluar atau mani dapat di pastikan keluar setelah madzi? mohon tanggapannya dok. terimakasih
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Apakah yang Anda maksud dengan cairan madzi? Karena di dunia kedokteran tidak mengenal istilah tersebut. Cairan keluar dari penis dapat terjadi secara normal (fisiologis) atau tidak normal (patologis). Secara fisiologis, pengeluaran terjadi saat laki-laki terangsang secara seksual. Cairan ini bersifat pelumas sebelum ejakulasi, cairan ini biasanya disebut juga dengan cairan pre ejakulasi. Pada pria yang belum disunat, dapat terjadi penumpukan smegma di kulup (frenulum) dan bergabung dengan cairan pelumas ini, sehingga dapat terlihat bercak putih. Bila rangsangan diteruskan, dapat terjadi ejakulasi pada pria yang mengeluarkan cairan mani.

Secara patologis, cairan keluar saat tidak ada rangsangan seksual. Cairan dapat bersifat putih kehijauan atau bening. Keluarnya cairan yang patologis dapat disebabkan oleh infeksi menular seksual ataupun infeksi saluran kemih.Biasanya selain keluhan keluarnya cairan dari kemaluan juga disertai dengan keluhan nyeri saat berkemih, perasaan tidak tuntas saat berkemih,sering berkemih/anyang-anyangan,dan lain sebagainnya. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar