Sukses

Tuli Sebelah

20 Oct 2014, 10:56 WIB
Pria, 21 tahun.
dok,saya sejak kecil (tidak tahu kapan tepatnya) mengalami ketulian telinga sebelah. saya pernah dibisikin teman saya di telinga kanan saya tetapi tidak mendengar sama sekali,padahal teman saya membisiknya sangat dekat dengan telinga saya. saya baru sadar bahwa saya tuli sebelah waktu sd. saya juga tidak bisa menentukan arah asal suara. saya mempunyai riwayat pendarahan di dahi saya ketika masih balita sehingga ada bekas jahitan tepat di tengah dahi. yang saya tanyakan, apakah gendang telinga kanan saya telah pecah? dan bila benar telah pecah karena pendarahan saya dulu apakah ada solusi agar telinga kanan saya bisa mendengar secara normal? terima kasih.
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Saya mengerti kekhawatiran yang anda rasakan terkait keluhan pendengaran anda. Namun sulit untuk mendiagnosa penyakit hanya berdasarkan informasi yang Anda sampaikan. Penurunan pendengaran diakibatkan oleh berbagai faktor, diantaranya infeksi, trauma atau penyakit degenerasi. Untuk mengetahui penyebabnya diperlukan pemeriksaan secara langsung terhadap telinga anda.

Untuk mendiagnosa suatu penyakit dibutuhkan:

  • Wawancara lebih lanjut seperti: sudah berapa Anda mengalami keluhan seperti ini? Bagaimana awal mulanya? Pengobatan apa sajakah yang sudah diberikan? Apakah Anda pernah mengalami keluhan seperti ini sebelumnya? dsb.
  • Pemeriksaan fisik secara langsung
  • Pemeriksaan penunjang (jika diperlukan)

Dan yang terakhir baru disimpulkan suatu diagnosa agar kemudian ditentukan tata laksana yang lebih komprehensif.

Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis THT untuk penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO) 

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar