Sukses

Penyebab Kista Ovarium

17 Oct 2014, 04:25 WIB
Wanita, 34 tahun.
Hallo dokter, Sy ada 2 pertanyaan : 1. Adik sy cwe single blm prnh married umur 31, 2 taun lalu prnh operasi tumor kcl krn di rahimnya ada kista 10 cm. skrg blakangan adik sy sering sakit perut, check lg ke dokter ternyata tumbuh lg daging kistanya. Itu knp yah? Dan bagaimana bs sembuhnya? 2. Sy setaunan ini ada mslh dgn rasa lapar, tiap 2 jam pasti lapar. Sy cwe umur 34. Dulu ga prnh spt itu dok. Sy bbrp kali ke dokter, test ulcer tapi baik. Anehnya klo lapar sy tahan, perut sy kembung, keras dan sakit bkn main. Apa itu maag? Sy sdh mnm obat maag jg tp engga berfungsi. Krn sy kerja, jd ga bs mkn tiap 2 jam. Perawatan dan sembuhnya bagaimana? Terima kasih banget buat perhatian dan jawabannya yah para dokter, God bless ! :) Meili
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

1) Kista ovarium atau kista indung telur adalah kantung yang berisi cairan yang ditemukan di ovarium. Selama fase menstruasi, ovarium akan menghasilkan telur dari pematangan kantung yang disebut folikel. Kebanyakan dari kista ini tidak berbahaya atau dibilang sebagai kista yang fungsional. Hanya sekitar 4-10% yang mengalami gangguan kista serius.

Kista yang fungsional dapat tumbuh sampai sebesar 6 cm namun umumnya tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak diperlukan terapi apapun.

Kista yang patologis atau tidak normal antara lain adalah kista dermoid (terbentuk dari sel-sel yang memproduksi sel telur), kistadenoma (terbentuk dari jaringan ovarium dan dapat berisi cairan atau lendir), endometrioma (terbentuk karena adanya endometriosis). Untuk mengetahui penyebabnya, perlu mengetahui jenis kistanya.

2) Apakah ada keluhan lain selain sering merasa lapar? Seperti penurunan berat badan, sering haus, sering buang air kecil (terbangun beberapa kali semalam untuk buang air kecil? Apakah Anda pernah periksa kadar gula darah sewaktu? Anda dapat melakukan pemeriksaan ini untuk menyingkirkan kemungkinan diabetes sebagai penyebab keluhan sering lapar Anda. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar