Sukses

Metode Kontrasepsi Yang Cocok?

20 Oct 2014, 08:53 WIB
Wanita, 24 tahun.
dokter, saya mau mengajukan konsultasi beberapa hal : 1. bolehkan pasangan yang baru menikah melakukan KB karena hendak menunda memiliki anak (alasannya sang istri masih kuliah) 2. Alat kontrasepsi apa yang cocok untuk pasangan yang baru menikah tersebut? 3. Apakah alat kontrasepsi tersebut mengakibatkan kemandulan atau sulit hamil ketika alat kontrasepsi tersebut dilepas? terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

1. Bolehkan pasangan yang baru menikah melakukan KB karena hendak menunda memiliki anak? Boleh.

2. Alat kontrasepsi apa yang cocok untuk pasangan yang baru menikah tersebut? Kontrasepsi yang dapat Anda gunakan memiliki banyak varian, diantaranya adalah jenis mekanik atau hormonal. Dapat berupa, pil, suntik, ataupun IUD. PIlihan kontrasepsi tergantung Anda, pertimbangkan risk and benefit dari penggunaan kontrasepsi tersebut.

3. Apakah alat kontrasepsi tersebut mengakibatkan kemandulan atau sulit hamil ketika alat kontrasepsi tersebut dilepas? Berbagai macam kontrasepsi memiliki efek samping yang berbeda-beda. Kontrasepsi yang bersifat hormonal, baik dalam bentuk pil maupun injeksi, memiliki rentang waktu tertentu kembalinya kesuburan setelah dihentikan penggunaannya. Namun, kecil kemungkinan menyebabkan ketidaksuburan yang berlanjut.

Untuk membaca lebih lanjut mengenai pilihan kontrasepsi, Anda dapat membaca artikel kami berikut ini:

https://www.klikdokter.com/kebidanankandungan/read/2010/07/05/139/pendahuluan-kb

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar