Sukses

Gigi Graham Bungsu Harus Dioperasi ?

19 Oct 2014, 04:57 WIB
Pria, 39 tahun.
Dok,mau tanya,saya punya gigi geraham paling belakang ketutup sama gusi,saya sdh konsultasikan dgn SpBM,dan dianjurkan untuk operasi.yang ingin saya tanyakan,apakah semua kasus spt ini harus dgn operasi ya dok?terima kasih atas jawabannya
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Saudara.

 

Kasus yang Saudara alami adalah gigi yang tidak erupsi atau tidak tumbuh secara sempurna dan dikenal dengan istilah gigi impaksi. Gigi graham paling belakang ini memang rentan terhadap keadaan impaksi karena kurangnya tempat untuk tumbuh.

Pada kasus gigi impaksi umumnya memang tidak dapat dicabut biasa tapi membutuhkan tindakan operasi kecil. Setiap tindakan, bahkan tindakan pencabutan biasa sekalipun pasti mengandung resiko namun bila sudah dilakukan antisipasi sebelumnya maka resiko ini dapat diminimalisir yaitu dengan melakukan pemeriksaan lengkap termasuk mengenai riwayat kondisi pasien baik lokal (rongga mulut) maupun secara sistemik (kondisi tubuh keseluruhan).

Pasien dengan penyakit sistemik misalnya diabetes, jantung atau tekanan darah tinggi sebaiknya dikonsultasikan terlebih dulu ke dokter spesialis penyakit dalam, bila penyakitnya tidak terkontrol. Selain itu pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen juga penting, untuk mendapatkan gambaran posisi dan bentuk gigi yang terbenam di dalam tulang, yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Resiko komplikasi memang dapat terjadi, bila posisi gigi/akar gigi menyulitkan untuk diangkat, dan membutuhkan keahlian dan keterampilan dokter gigi.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani.

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar