Sukses

Kandungan Gizi dalam Makanan

18 Oct 2014, 20:51 WIB
Pria, 28 tahun.
Halo dok... dok seperti kita ketehaui bahwa ikan merupakan salah satu makanan yang memiliki nilai gizi yang sangat tinggi. namun dalam penyimpanan dan pengolahan siap saji yang salah dapat menurunkan bahkan merusak kandungan nutrisi dari ikan tersebut, mohon informasi terkait penyimpanan ikan segar dan cara pengolahan untuk dikonsumsi oleh balita agar nutris trsbut (terutama omega) tidak rusak.. terima kasih
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Setiap pemrosesan makanan pasti akan mengurangi nilai kandungan gizi didalamnya. Setiap tehnik memasak baik itu menggoreng, merebus, maupun mengkukus, maka nilai gizi dari bahan makanan tersebut tetap akan berkurang kandungan nutrisinya. Tetapi hilangnya kandungan nutrisi tersebut tidak akan 100% hilang, artinya bahan dasar seperti ikan, daging, maupun telur tetap memiliki konsentrasi gizi didalamnya walaupun tidak lagi utuh. Jadi Anda tidak perlu khawatir karena pada dasarnya intisari dari makanan tetap terkandung didalamnya.

Lain halnya dengan makanan siap saji, hal hal yang perlu dikhawatirkan adalah kandungan pengawet, penguat rasa, ataupun pewarna yang biasanya di tambahkan oleh produksi pabrikan untuk memperindah, tampilan makanan. Zat zat inilah yang disinyalir membahayakan kesehatan. Jadi selama bahan makanan diproses tanpa bahan kimia maka sejatinya tidak berbahaya.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(AK)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar