Sukses

Berat Badan Anak Susah Naik

06 Dec 2013, 11:34 WIB
Wanita, 32 tahun.
Baby boy saya usia 8 bln, brt lhr 3,7kg. Tdk ASIX krn ASI sdikit n hanya PD kiri yg lancar, itupun sdikit dok... jd kami berikan sufor merk beb**ove... udh msuk tahap 2, tp my baby akhir2 ini (udh 2 blnan) males bgt mikcu, pdhl ASI sy yakin jls2 kurg. MPASIny bgs dok, mkn apapun dia mau... MPASI rumahan, blender-saring, Tp knapa brt bdn anak saya cm 7,6kg dok... apakah mmg bener2 kurg ASIny, coz suforny dia bnr2 males klo malam, pdhl klo sm ibu mertua (pagi-siang) dia mau mikcu, wlopun sjk MPSI cm 2 btl sj. Kurangkah dok? bgmn carany biar dedek mau mikcu Siang mpe mlm cm ASI yg kdg2 dia ngamuk2 krn ASIhbs, dia blm kenyang... Makasih dok... smoga panjang lebarny ini td tdk bikin dokter pusing, Q_Q
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekuatiran Ibu. Yang perlu diperhatikan adalah berat badan anak Ibu terus naik seiring pertambahan usia dan tidak menetap atau malah menurun. Berikan berbagai jenis makanan, termasuk buah dan sayuran sehingga seluruh kebutuhan gizinya terpenuhi dan anak mulai terbiasa untuk mengenal berbagai jenis makanan.

Berikut adalah contoh jadwal makan anak sesuai usianya: 
http://klik-dr.tk/183P7Ej

Memang bukan hal yang mudah karena usia ini memang merupakan usia di mana anak rawan mengalami kesulitan makan. Tetapi Ibu dapat menyiasatinya dengan mencoba menggunakan alat makan yang menarik bagi anak seperti gelas berwarna-warni atau dengan gambar tokoh kesukaan anak Ibu, sendok berwarna-warni yang lucu, atau dengan bentuk-bentuk yang lucu (misal: pesawat terbang, burung, dll) yang bisa diperoleh di pusat perbelanjaan. Hal ini mungkin dapat membantu menciptakan suasana makan yang menyenangkan. Hal ini juga berlaku dengan alat-alat makan lainnya. Ibu mungkin dapat mencoba mangkuk, piring atau gelas yang berwarna-warni dengan gambar-gambar yang anak Ibu sukai.

Berikut adalah beberapa artikel mengenai pertanyaan Ibu:

Mengatasi Anak Susah Makan > 
http://klik-dr.tk/156HzKI
Trik Selera Makan Anak > 
http://klik-dr.tk/156HCpP

Mengenai keluhan muntah pada anak Anda, dapat berbagai macam. Salah satunya mungkin karena unsur paksaan saat makan. Saat anak merasa dipaksa, akan timbul rasa tidak nyaman atau bahkan cemas. Saat ini terjadi, otak terangsang untuk memproduksi asam lambung lebih banyak sehingga perut terasa penuh, dan apabila dipaksa makan maka kemungkinan dapat muntah. Untuk itu hal seperti ini harus dihindari. Cobalah untuk memberi makan sedikit-sedikit dan tanpa paksaan.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar