Sukses

Jamur di Selangkangan

04 Dec 2013, 08:44 WIB
Pria, 20 tahun.
permisi dok, saya punya keluhan di bagian selangkangan , sepertinya itu jamur , suka gatal, terkadang sangat gatal, kondisi kulit berwarna putih kemerahan kondisi ini sudah 1 tahun terakhir.. mohon solusi dari dokter, terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Saya mnegerti rasa khawatir yang anda rasakan karena keluhan gatal ini. Pertama Izinkan saya menjelaskan tentang apa itu infeksi jamur dermatofita atau disebut dengan istilah tinea.

Jamur dermatofita E.Floccosum, T. Rubrum, dan T. Mentagrophytes menyebabkan tinea kruris. Biasanya mengenai daerah selangkangan atau sisi paha atas bagian dalam, dapat terjadi di kedua paha atau di salah satu paha saja. Keluhan utama adalah rasa gatal yang dapat hebat, terlebih jika kondisi kulit berkeringat. Lesi berbatas tegas, tepi meninggi yang dapat berupa bintil-bintil kemerahan atau lenting-lenting kemerahan, atau kadang terlihat lenting-lenting yang berisi nanah. Bagian tengah menyembuh berupa daerah coklat kehitaman bersisik. Garukan terus-menerus dapat menimbulkan gambaran penebalan kulit.

Jamur lain yang sering mengenai daerah lipatan kulit, terutama ketiak, bagian bawah payudara, bagian pusat, lipat bokong, selangkangan, dan sela antar jari; adalah candida. Dapat juga mengenai daerah belakang telinga, lipatan kulit perut, dan glans penis (balanopostitis), sela jari tangan biasanya antara jari ketiga dan keempat, pada sela jari kaki antara jari keempat dan kelima. Keluhan berupa gatal yang hebat, kadang-kadang disertai rasa panas seperti terbakar dan basah.

Tinea incognito merupakan jenis infeksi jamur dimana bentuknya tidak khas lagi karena penggunaan steroid. Mendengar cerita Anda, bisa jadi anda menderita tinea incognito tersebut, yang perlu Anda lakukan adalah jangan lagi menggunakan krim sembarangan, terlebih krim steroid. Untuk memastikan diagnosis, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit untuk wawancara medis lebih mendetil, pemeriksaan fisik untuk melihat ciri-ciri lesi kulit dan pemeriksaan penunjang untuk menentukan diagnsosinya untuk menentukan pengobatan yang tepat. Kami tahu bahwa Anda sudah mencoba ke dokter spesialis kulit, namun sayangnya tidak ada pendekatan pasien yang dapat emnggantikan pemeriksaan langsung oleh seorang dokter.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu dan Anda lekas sembuh. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar