Sukses

Nyeri Payudara

03 Dec 2013, 15:03 WIB
Wanita, 28 tahun.
SAYA IBU MENYUSUI SEJAK BAYI SAYA LAHIR HINGGA SAAT INI USIA BAYI SAYA 18 BULAN SAYA HANYA MENYUSUI DARI 1 PAYUDARA SEBELAH KIRI, KARENA PAYUDARA KANAN ASINYA TIDAK KELUAR..SUDAH 3 HARI INI SAYA MERASAKAN SAKIT BAGET PADA PAYUDARA KANAN SAYA DARI SISI KANAN HINGGA KE UJUNG PUTING PADAHAL SEBELUMNYA TIDAK PERNAH SAKIT..GEJALA SAKIT APA DOK? DAN BAGAIMANA CARA PENGOBATANNYA.. SAYA TAKUT TERKENA KANKER PAYUDARA
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Saya mengerti rasa khawatir yang anda rasakan.

Nyeri payudara disebabkan oleh berbagai penyebab, mulai dari infeksi atau ada sumbatan kelenjar. Jika nyeri payudara disertai dengan kemerahan, nyeri, panas saat teraba bisa jadi hal ini diakibatkan infeksi payudara, yang dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah mastitis. Gejala-gejalanya yaitu payudara memerah dan terasa sakit jika disentuh disertai dengan keluarnya nanah dan darah dari puting payudara. Infeksi pada payudara biasanya terjadi pada payudara wanita yang telah menyusui, namun tidak menyingkirkan kemungkinan untuk timbulnya infeksi payudara pada wanita yang tidak menyusui. Infeksi payudara ini dapat terjadi akibat adanya luka pada payudara yang terinfeksi ataupun akibat adanya perluasan infeksi dari daerah sekitarnya (misal akibat hidradenitis supuratifa dari ketiak).

Wanita yang belum menyusui yang mengalami mastitis sebaiknya perlu menjalani pemeriksaan mammogram atau biopsi payudara. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi dini adanya kanker payudara, karena kanker payudara dapat memberikan gejala yang menyerupai mastitis (antara lain keluarnya nanah dan darah dari putting payudara).

Keluhan-keluhan Anda perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang  (misal: laboratorium, dsb). Untuk itu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar