Sukses

Hipertensi

03 Dec 2013, 12:33 WIB
Wanita, 34 tahun.
dok, aku seorang ibu yang memiliki anak 3. umurku 34 tahun. semenjak melahirkan anak ke 3 stahun yang lalu, tekanan darahku agak tinggi sistol 140 sampai 150, bahkan pernah 160. tekanan darahku bisa normal 120 jika keadaan lapar atau puasa.padahal aku punyya maag. memang aku agak sedikit stress dan capek krn anaku sudah 3 yang jarak umurnya dekat.dan aku berprofesi guru kadang stress menghadapi murid yang nakal. bagaimana aku mensikapi dan apa yang harus aku lakukan?supaya tekanan darahku stabil selalu 120/80 terimakasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Berapakah jumlah diastole Anda? Sudah berapa lama keadaan sistole Anda berupa 140-150? Bila memang keadaan ini sudah berlangsung lama dan hasilnya tekanan darah selalu tinggi,maka kemungkinan besar Anda menderita hipertensi dan bila dilihat dari angka systole Anda merupakan hipertensi tingkat 1.

Untuk pengobatan sepertinya dibutuhkan obat antihipertensi terutama bila keadaan ini sudah berlangsung lama. Selain mengkonsumsi obat, ada suatu bentuk penangan hipertensi yang dinamakan modifikasi gaya hidup seperti mengurangi garam (<5 gr dalam sehari atau 1 sendok teh dalam sehari), penurunan berat badan dengan cara diet DASH yaitu diet yang tinggi akan buah dan sayuran serta susu yang tidak mengandung lemak, kurangi konsumsi alkohol, hindari merokok, berolahraga (aerobik paling tidak 30 menit setiap harinya).

Untuk penanganan lebih komprehensif, Anda dapat konsultasi ke dokter specialis penyakit dalam.

Kami juga sertakan artikel kami agar dapat Anda baca : Hipertensi

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar