Sukses

BAB Berdarah

04 Dec 2013, 17:59 WIB
Wanita, 21 tahun.
dok saya habis oprasi ambein uda setahun tapi kok sekarang kalau bab selalu keluar darah..kalau habis keluar darah gitu kepala pusing dan badan merasa lemas dan panas..mintolong dok gimana solusinya
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter

Kami memahami kekhawatiran Anda, rasa lemas dan panas saya rasa terjadi karena Anda kehilangan banyak darah dan terjadi iritasi di daerah Anus. Secara medis Hemorrhoid (wasir/ambeien) merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Hemorrhoid dibagi menjadi hemorrhoid eksterna dan interna. Untuk informasi lengkap kami sertakan artikel yang dapat Anda akses yang berjudul:

Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :
  • Grade I: wasir tidak keluar dari rektum
  • Grade II: wasir prolaps (keluar dari rektum) pada saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan
  • Grade III: wasir prolaps saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus secara manual (didorong kembali dengan tangan)
  • Grade IV: wasir mengalami prolaps namun tidak dapat dimasukkan kembali

Hemorrhoid interna derajat I dan II masih dapat ditangani dengan terapi obat oral. Namun hemorrhoid interna derajat III dan IV serta hemorrhoid eksterna memerlukan tindakan bedah untuk penangannya. 

Kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah umum atau bedah digestif untuk penanganan lebih lanjut.

Wasir biasanya diperparah dengan kesulitan buang air besar. Juga saya sertakan artikel: 7 Tips Mencegah Sulit BAB untuk membantu Anda agar mencegah wasir tidak bertambah parah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat. (AK)

Salam,

Tim redaksi KlikDokter

 

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar