Sukses

Anak Kurang Nafsu Makan

19 Oct 2014, 22:50 WIB
Wanita, 31 tahun.
dokter anak saya laki-laki berusia 3 tahun dengan berat badan 13 kg apakah anak saya tergolong kurus??karena saya membandingkan dengan teman-teman sebayanya dia terlihat kurus. Anak saya makan 3 kali sehari dengan menu nasi,sayur,lauk lengkap minum susu rata-rata 3-4 kali sehari @150 ml. aktivitas fisik anak saya memang lebih dari anak-anak lainnya dok.dia suka sekali bermain sepeda. tapi Alhamdulillah anak saya tidak ada keluhan kesehatan (jarang sakit) Dok adakah cara agar anak saya terlihat agak berisi(gemuk)?? terimakasih atas perhatiannya.
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berdasarkan grafik kartu menuju sehat (KMS), saat ini, berat badan anak Anda memang berada dalam daerah kurva berwarna hijau, sehingga masih dapat dikatakan baik. Untuk mengetahui secara detil perkembangan dan pertumbuhan anak Anda perlu juga diketahui berat badan anak Ibu sebelum-sebelumnya. Dan untuk berikutnya, berat badan anak perlu diusahakan untuk naik sesuai usia. Untuk membantu Ibu memantau pertumbuhan anak Ibu kami sertakan Kartu Menuju Sehat (KMS).

Kartu Menuju Sehat

Kami juga sertakan artikel:

Anak Sulit Makan

Mengatasi Anak Sulit Makan

Usaha Ibu sudah baik untuk mengusahakan anak terus makan sedikit demi sedikit karena pada saat anak mencapai usia 2 tahun seharusnya sudah bisa makan hampir semua jenis makanan yang dimakan orang dewasa dalam ukuran yang mudah dimakan, seperti sayur-sayuran dan ayam yang dipotong kecil-kecil, buah-buahan yang dipotong kecil-kecil, dlsb. Berikan variasi makanan yang cukup banyak sehingga anak juga tidak merasa bosan dan mau untuk makan. Jangan putus asa jika anak menolak makanan tertentu, berikan lagi di lain waktu dengan cara yang berbeda.

Beberapa hal yang dapat Kami sarankan untuk membuat anak Anda mau makan diantaranya:

  • Mengurangi cemilan yang membuat anak kenyang. Jangan biarkan anak terlalu sering memakan makanan kecil di luar makanan utama karena dapat menyebabkan anak kenyang.
  • Buat suasana makan yang menyenangkan bagi anak. Buatlah suasana yang menimbulkan anggapan bahwa makan adalah sesuatu yang menyenangkan. Jangan cepat menyerah jika anak tidak menyukai makanan yang kita tawarkan. Coba ulangi lagi dengan suasana yang berbeda
  • Berikan jadwal makan teratur dalam jumlah yang kecil, jangan paksa anak menghabiskan makanannya
  • Hindari menunjukkan wajah khawatir atau marah ketika anak tidak mau makan. Perhatian terhadap kelakuan anak yang kurang baik justru dapat membuat anak terus melakukannya lagi
  • Bila anak mau makan atau mau menghabiskan makanannya maka berilah pujian
  • Jangan biarkan anak minum dalam jumlah banyak sesaat sebelum makan. Minum dapat membuat kenyang dan membuat anak tidak mau makan.

Suplemen untuk anak diberikan dengan alasan-alasan tertentu. Pada saat anak Anda sakit, maka suplemen vitamin diberikan untuk membantu daya tahan tubuh anak Anda. Pada saat anak Anda sedang sangat sulit makan, suplemen dapat diberikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang kurang didapatkan dari makanan sehari-hari. Bila anak Anda sudah sembuh, kondisi kesehatan, pertumbuhan dan perkembangannya baik, serta bila kebutuhan nutrisi telah dapat dipenuhi dari asupan makanannya maka pemberian suplemen vitamin tidak diwajibkan. Jika keseimbangan vitamin belum dapat dicapai dengan makanan yang sehari-hari dimakan, Anda dapat membantunya dengan memberikan suplemen multivitamin.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AK)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar